SUARA INDONESIA

Batik Canteng Koneng Jadi Primadona Wisatawan Mancanegara di Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 26 August 2023 | 08:08 - Dibaca 1.42k kali
Ekbis Batik Canteng Koneng Jadi Primadona Wisatawan Mancanegara di Sumenep
Wisatawan Mancanegara (Wisman) membeli selendang batik canteng koneng. (Foto: Rifki untuk suaraindonesia.co.id

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id- Batik Canteng Koneng menjadi salah satu yang paling digandrungi oleh wisatawan mancanegara (Wisman) yang berkunjung ke Kabupaten Sumenep, dalam gelaran Madura Culture Festival 2023, Sabtu (26/08/2023). 

Sejumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pendapa Agung Keraton Sumenep, menghampiri stand Batik Canteng Koneng yang menyajikan beragam produk dengan motif khasnya "Tera' Bulen".

Salah seorang wisatawan asing Jordan mengungkapkan bahwa dia sangat tertarik dengan Batik Canteng Koneng, karena memiliki motif yang indah, namun tidak berlebihan. Sehingga akan terlihat elegan saat dikenakan. 

Dia terlihat melakukan transaksi beberapa potong kain selendang, dengan penjual Batik Canteng Koneng, menggunakan uang pecahan 20 dolar USA. 

" This is very unique, i like the colour and the motive, (Ini sangat unik, saya suka warna dan motifnya_Red)," ungkapnya. 

Tak hanya membeli produknya, namun beberapa turis juga berminat dan dipersilahkan untuk mencoba menggambar motif batik pada selembar kain putih yang telah disediakan di lokasi. 

Produk Batik Canteng Koneng yang paling laris diborong wisatawan di Madura Culture Festival 2023, salah satunya adalah model selendang, dengan beragam warna. 

Owner Batik Canteng Koneng Imam Mustain Ramli menjelaskan, bahwa produk batik yang dijajakan di Pendopo Agung Keraton Sumenep itu, merupakan hasil Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) WIMBAR dari kampus Universitas Bahauddin Mudhari (UNIBA) Madura, di bawah binaannya. 

Dia menambahkan, terdapat sebanyak 15 potong kain model selendang yang laku terjual. Masing-masing dibandrol dengan harga sekitar Rp 250 ribu. Akan tetapi, pihaknya memberikan diskon Rp 50 ribu, kepada wisman yang membeli produknya. 

"Itu hasil binaan, nama UKMnya WIMBAR kampus UNIBA Madura," jelasnya. 

Dirinya berharap, dengan adanya kunjungan wisman ke Sumenep dapat mengenalkan beragam potensi yang dimiliki oleh Kota Keris tersebut. Baik dari segi kesenian, kebudayaan, kuliner dan beberapa hal lainnya. 

"Semoga semakin mendunia, budaya Sumenep ini. Semakin dikenal oleh khalayak yang lebih luas," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV