SUARA INDONESIA

Lakukan Ini Agar Minus di Mata Kamu Berkurang 

Wilda Natasya - 04 October 2021 | 20:10
Entertaiment Lakukan Ini Agar Minus di Mata Kamu Berkurang 

JEMBER- Menderita mata minus atau rabun jauh merupakan sesuatu yang sangat mengganggu bagi setiap orang. Kelaianan ini membuat pandangan kabur atau tidak jelas. 

Dikutip dari laman Hellosehat.com, meski belum diketahui secara pasti, namun terdapat sejumlah penyebab seseorang bisa menderita mata minus. Beberapa diantaranya adalah jarak pandang kita saat membaca sesuatu dan faktor genetik. 

Berbeda dengan mata yang normal, bagi penderita miopi, cahaya yang jatuh berada tepat di depan retina mata. Sehingga objek yang dilihatnya akan secara otomatis terlihat buram. 

Pada umumnya, penyembuhan mata minus biasa dilakukan dengan menggunakan aksi medis. Salah satunya adalah dengan operasi mata. Namun jangan khawatir, bagi anda yang belum berani untuk menjalani tindakan medis, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi mata minus. 

Meski tidak dapat menyembuhkan secara total, namun beberapa kebiasaan ini dinilai dapat mengurangi pengelihatan buram akibat mata minus (Miopi). 

1. Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Vitamin. 

Ya, salah satu kebiasaan hidup sehat yang tidak boleh dispelekan adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin, terutama vitamin A. Ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita mata minus, seperti wortel, minyak hati ikan kod, tomat, minyak biji gandum dan beberapa lainnya. 

2. Mengatur Jarak Pandangan dengan Objek Bacaan 

Kebiasaan buruk ini, sering kali dilakukan baik disengaja maupun tidak. Tanpa disadari hal tersebut membawa dampak yang cukup besar bagi kesehatan mata. Idealnya kita bisa menggunakan jarak pandang sejauh 25-30 cm untuk menikmati bahan bacaan. Hal ini juga berlaku saat kita memandangi layar handphone. 

3. Tidak Membaca di Tempat Gelap 

Selain jarak pandang yang harus diatur, ternyata membaca dalam kondisi cahaya yang kurang juga dapat meningkatkan resiko menderita mata minus. Untuk itu, bagi anda yang ingin menghindari mata minus, mulailah dengan mengurangi kebiasaan membaca dalam gelap. 

4. Melatih Fokus Pandangan 

Dengan memfokuskan pandangan atas satu titik, diklaim dapat mengurangi pandangan kabur yang dirasakan oleh penderita mata minus. Latihan memfokuskan pandangan ini, bisa dilakukan dengan cara menggunakan telunjuk atau benda lain sebagai titik utama.
Jika dilakukan secara rutin, maka anda akan merasakan manfaatnya. 

5. Melakukan Senam Mata 

Jika seharian bekerja di depan layar, biasanya seseorang akan merasakan kelelahan yang luar biasa di area mata. Hal ini rupanya membuat resiko terkena mata minus semakin tinggi. Untuk itu disarankan jika mata terasa lelah maka anda bisa melakukan senam mata, dengan gerakan yang cukup mudah. Caranya dengan memijat area mata, menggoyangkan bola mata ke kiri dan kanan serta bekedip. Jika anda melakukan ini, maka mata akan terasa lebih rileks.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV