SUARA INDONESIA

Berawal dari Hobi, Pemuda di Jombang Terjun Bisnis Sewa Peralatan Naik Gunung

Gono Dwi Santoso - 01 July 2023 | 16:07 - Dibaca 1.90k kali
Features Berawal dari Hobi,  Pemuda di Jombang Terjun  Bisnis Sewa Peralatan Naik Gunung
Hafid Azwani ( 24)  pemuda asal Dusun Dayu, Desa Tunggorono, Kecamatan/ kabupaten Jombang saat menata peralatan naik gunung di green Camp, Sabtu (01/07/2023).Foto ( Gono Dwi Santoso/ Suaraindonesia.co.id)

JOMBANG,Suaraindonesia.co.id - Berawal dari hobi naik gunung, Hafid Azwani ( 24) pemuda asal Dusun Dayu, Desa Tunggorono, Kecamatan/ kabupaten Jombang membuka persewaan alat camping  mulai tenda gunung ,tas ,matras, lampu,alat masak ,sepatu, tracking poll,dan peralatan untuk keperluan naik gunung.

Pantauan di lokasi persewaan banyak peralatan untuk naik gunung hampir semuanya ada mulai tas gunung, tenda gunung hingga matras sampai kompor gas komplit ada semua tinggal datang dan bawa barang untuk naik gunung.

Ditemui di stand persewaan green Camp Hafid Azwani (24) mengatakan usahanya ini sudah di geluti sejak setahun yang lalu dan Alhamdulillah peminatnya banyak karena saya juga suka mendaki gunung.

"Rata -  rata perhari ada yang sewa tenda kisaran 20 sampai 35 tenda.Penyewa  biasanya untuk pendakian di Mojokerto ke gunung Arjuno, gunung Penanggungan , Gunung Welirang,  gunung pundak Malang, butak panderman kalau Jawa Tengah gunung Merbabu dan gunung Lawu," terangnya, Sabtu (01/07/2023).

Hafid mengatakan biasanya pelanggan yang menyewa kisaran 2 hari sampai 3 hari biasanya menyewa secara kolektif  bersama sama.Ada juga  yang boking jauh - jauh hari supaya tidak kehabisan tenda , ada juga yang datang langsung ke outlet green Camp ini .

"Biaya sewa mulai 25 ribu sampai 35 ribu untuk tenda kapasitas 2 sampai 4 orang ,tas 20 sampai 30 ribu perhari ,sepatu 15 ribu per hari,alat masak 10 ribu per hari, Slipping Bag 10 ribu ,kursi lipat 15 ribu per hari, senter 5 ribu per hari,lampu tenda 5 ribu per hari,matras 5 ribu per hari, tracking poll 7 ribu per hari," terangnya.

Hafid mengatakan ,untuk musim liburan tahun ini penyewa didominasi oleh pelajar, mahasiswa dan Organisasi pencinta alam bahkan perorangan yang sewa disini.

"Rata-  rata penyewa dari berbagai kota mulai  dari Bojonegoro, Nganjuk, Jombang, Kediri, Mojokerto hingga Lamongan rata rata buat naik gunung sama camping sewanya ," tambahnya.

Hafid menambahkan, untuk lonjakan penyewa dalam liburan kali ini , naik tiga kali lipat permintaan sewa dibandingkan dengan hari biasa .Penyewa biasanya  datang kesini membawa KTP,  atau id card yang masih berlaku bisa Kartu Tanda Pelajar atau Kartu Tanda Mahasiswa untuk menyewa peralatan naik gunung.

"Apabila barang yang di sewa pada saat di kembalikan ada yang hilang atau rusak penyewa di kenakan cash tergantung kerusakan dan kehilangan yang di sewa tergantung barangnya yang di sewa , " pungkasnya.

Ditemui saat menyewa keperluan naik gunung Krisna (36) mengatakan kesini tadi menyewa alat camping buat keluarga yaitu tenda , kursi,matras sama alat masak rencana mau di buat camping ke bukit surga Nganjuk.

"Ini saya sewa dua hari ke depan untuk keperluan camping sekalian liburan bersama keluarga ingin menikmati keindahan alam dengan camping bersama keluarga,"pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV