SUARA INDONESIA

4 Tips Sembuh dari Covid-19 ala dr. Zaidul Akbar

Yuni Amalia - 15 July 2021 | 10:07 - Dibaca 1.50k kali
Kesehatan 4 Tips Sembuh dari Covid-19 ala dr. Zaidul Akbar
Dokter Zaidul Akbar (Sc.Youtube)

JAKARTA - Bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 diharapkan tetap tenang dan tidak panik. Dokter Zaidul Akbar memberikan 4 tips agar cepat sembuh dari Covid-19.

Menurutnya, banyak makan menjadi salah satu kunci mendongkrak imun tubuh yang dibutuhkan oleh pasien Covid-19. Berikut 4 tipsnya:

1. Makan Sayur dan Rempah

Disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi buah, sayur dan makanan kaya akan rempah.

Ia menilai, sangat penting mencari makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan, salah satunya makanan kaya rempah.

"Seperti Nasi Padang, tapi saya sarankan jangan santan. Coba dibikin sup yang banyak rempahnya, cengkehnya, kayu manis atau yang lain. Itu bisa dimasukkan dalam sup kemudian kuahnya diminum itu salah satu caranya," jelasnya di kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Rabu (14/7/2021).

2. Tidak Panik dan Hindari Stres

Hal pertama yang harus dilakukan seseorang jika terkonfirmasi Covid-19 adalah tidak panik.

"Keseimbangan bakteri dalam tubuh kita, itu bisa tidak seimbang lagi kalau orang itu cemas atau stres. Jadi jangan stres, atau bahasa gaul itu let it flow, santai aja, tenang aja," tutur Dr. Zaidul Akbar.

3. Konsumsi Kalium dan Kalsium

Untuk mendapatkan ketenangan dan terhindar dari stres, Dokter Zaidul Akbar sangat menyarankan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan kalsium.

"Seperti mengonsumsi kurma, pisang, dan air kelapa," sebut dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro tersebut.

4. Makan Makanan Lunak

Dokter yang terkenal dengan Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu menyarankan pasien untuk mengonsumsi makanan lunak yang ampuh menjaga kesehatan lambung.

"Bisa dengan campuran alpukat, pisang, kurma, atau mungkin bisa dicoba labu dibuang kulitnya, dikukus lalu diblender sama kurma. Itu juga sangat baik untuk menguatkan nutrisi lambung," tuturnya. (amj)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV