SUARA INDONESIA

Pengen Pilek Cepat Sembuh? Lakukan 5 Cara Ampuh Ini

Lukman Hadi - 01 December 2021 | 10:12
Kesehatan Pengen Pilek Cepat Sembuh? Lakukan 5 Cara Ampuh Ini

SURABAYAPilek dan flu menjadi penyakit paling sering kita alami pada saat musim hujan tiba. Kenapa? Karena saat musim hujan suhu terasa dingin. Sehingga virus lebih mudah menyebar pada tubuh manusia.

Oleh karena itu, tak perlu heran bila banyak kita temui orang pilek di musim hujan. Hal itu seakan menjadi hal yang wajar.

Di berbagai wilayah Indonesia kini telah memasuki musim hujan. Di beberapa daerah tertentu, hujan mengguyur seharian. Hal itu membuat kita waspada untuk tetap menjaga kondisi tubuh selalu dalam kondisi fit.

Baca Juga: Ketahui Mulai Sekarang, Resiko Olahraga Saat Cuaca Dingin Sebabkan Paru-Paru Stres

Pilek memang bukan penyakit kronis, meski begitu, jangan anggap remeh ketika kalian sedang mengalami pilek. Tetap saja harus segera diatasi. Karena pilek sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tentu kalian tidak ingin merasakan pilek lama-lama, kan. Melansir Mayo Clinic, sejatinya orang yang mengalami pilek dapat membaik dengan sendirinya. Pemulihan pilek bisa dilakukan dengan cara berikut ini:


1. Banyak Minum

Agar tubuh kalian tetap fit, cukupi kebutuhan minum air putih delapan gelas sehari. Lebih baik lagi jika yang kalian minum mengandung vitamin C.

Di satu sisi, kalian tidak dianjurkan minum yang mengandung alkohol serta soda berkafein, yang dapat memperburuk dehidrasi.

2. Istirahat yang Cukup

Cara ampuh memulihkan pilek, tentunya kalian harus membutuhkan istirahat sangat cukup guna menstabilkan kondisi tubuh agar bisa pulih.

Karena saat kalian pilek, tubuh sangat memerlukan waktu istirahat sebagai pemulihan diri untuk melawan infeksi.

Sampai kondisi belum stabil dan pulih sepenuhnya, jangan memaksa diri untuk beraktivitas ataupun begadang.

Baca Juga: Dokter Boyke Sebut Kolagen pada Cairan Pria Bisa Bikin Wanita Awet Muda

3. Minum Madu

Terkadang batuk muncul bisa juga karena pilek. Lalu bagaimana memulihkan? Kalian bisa coba mengatasi dengan minum madu. 

Campur 1 atau 2 sendok madu ke dalam secangkir teh hangat. Kemudian minum dan tunggu efeknya. Cara ini tidak berlaku kepada anak di bawah usia 1 tahun.

4. Pasang Humidifier di Kamar

Humidifier merupakan alat pelembab udara yang kegunaannya dapat mengatasi pilek. Karena Humidifier dapat menambah kelembapan ruangan dan membantu mengatasi gejala seperti hidung tersumbat dan batuk.

Jika kalian tidak memiliki pelembab, maka mandi air hangat dan beruap dapat membantu mengendurkan hidung tersumbat.

5. Rajin Kumur Air Garam

Melarutkan garam dalam air hangat dan menggunakannya untuk berkumur dapat membantu meredakan sakit tenggorokan karena pilek.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV