SUARA INDONESIA

Abisai Rollo Didampingi Pangdam XVII Cenderawasih Buka Giat Khitan Masal Di Japut

Mustakim Ali - 11 March 2023 | 13:03 - Dibaca 1.52k kali
Kesehatan Abisai Rollo Didampingi Pangdam XVII Cenderawasih Buka Giat Khitan Masal Di Japut
Foto bersama Pangdam XVII Cenderawasih, Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo beserta jajaran saat membuka kegiatan sunat masal di lingkungan Kampus Yapis Papua.

JAYAPURA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Yapis Papua mengadakan kegiatan Khitan Masal yang berlangsung di lingkungan kampus Yapis Papua Distrik Jayapura Utara (Japut) Kota Jayapura, Sabtu (11/03/2023).

Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, SH.,MH dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kegiatan Khitan Masal ini merupakan bagian dari upaya untuk terus membangun persatuan ditengah masyarakat kota jayapura yang heterogen.

"Khitan atau sunat masal ini juga diharapkan bisa meringankan beban masyarakat khususnya umat muslim, karena anak laki-laki wajib melakukan sunat bagi umat muslim," ujarnya.

Lanjut Abisai Rollo, kegiatan khitanan massal tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang kurang mampu, yang anaknya sudah wajib di khitan. Dimana, sebagai kewajiban bagi umat muslim laki-laki yang menginjak akil baligh, khitan atau sunat juga sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Selain sunat masal ini secara gratis, banyak kegiatan juga kegiatan yang saya lakukan lebih khususnya menjelang hari-hari besar keagamaan tentunya menyentuh langsung dengan masyarakat," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IMI Papua itu juga berpesan kepada anak-anak agar rajin belajar, karena masa depan bangsa Indonesia, Papua khususnya kota jayapura ada di SDM generasi muda.

Dikesempatan yang sama, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI M. Saleh Mustafa memberikan apresiasi kepada Abisai Rollo sebagai inisiatif dan LPPM sebagai pelaksana kegiatan Khitan masal. Menurut, sentuhan pelayanan yang langsung dirasakan oleh masyarakat merupakan sebuah harapan besar bagi semua pihak.

"Kodam Cenderawasih beserta jajaran sejatinya siap bersinergi dengan semua pihak apalagi lewat kegiatan-kegiatan seperti ini, tentu kita sangat mendukung," tutur Pangdam.

Menurut Pangdam, TNI-Polri sudah berkomitmen dalam memprioritaskan generasi muda Papua baik yang asli maupun lahir besar di Papua untuk menjadi Angota TNI-Polri, tentu masalah kesehatan yang menjadi suatu persyaratan yang harus diperhatikan.

Lewat Khitan Masal ini diharapkan bisa melahirkan generasi muda Papua yang cerdas dan sehat secara jasmani.

Dikesempatan yang sama juga, Siti Nurmi yang anaknya ikut sunat masal menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih banyak kepada Abisai Rollo dan LPPM Universitas Yapis Papua yang sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut.

"Kami sangat berbangga dan berterima kasih, karena sudah melaksanakan sunat masal secara gratis," Siti Nurmi.

Sunat masal ini menurutnya sangat membantu meringankan beban orang tua lebih khususnya beban finansial.

"Dilakukan secara gratis tentu sangat membantu kami masyarakat yang kurang mampu, saya sangat berharap kegiatan ini terus dilakukan karena sangat membantu," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Khitan Masal, Dr.Syamsir Husen, SE.,M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan Khitan Masal ini merupakan inisiatif Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, SH.,MH yang dilaksanakan oleh LPPM Universitas Yapis Papua.

"Kami (LPPM Universitas Yapis Papua) hanya sebagai pelaksana kegiatan, namun inisiatif utamanya adalah bapak Abisai Rollo," ujar Pak Boy panggilan akrab Sekertaris Golkar Kota Jayapura itu.

"Kegiatan ini berlangsung 1 hari, kita targetkan 100 peserta dan kegiatan ini gratis atau tanpa pungut biaya sepeserpun. Untuk tim medis, kita bekerja sama dengan dinas kesehatan Kota Jayapura," tuturnya.

Boy juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Abisai Rollo yang sudah mendukung penuh kegiatan sunat masal ini. Dan juga apresiasi yang setinggi-tingginya juga kepada Pangdam XVII Cenderawasih beserta jajaran, dan sejumlah tokoh-tokoh masyarakat yang sudah hadir dan memberikan dukungan.

Yang hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, SH.,MH, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI M. Saleh Mustafa, Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, Kolonel Inf muhammad Albar S.E (Aster Kasdam XVII/Cenderawasih), Letkol Inf Miftah Puadi, SH (Kasdim 1701/Jayapura), AKBP Deni Herdiana, SE, SH, MM, MH, (Wakapolresta Jayapura Kota), Angota DPRD Kota Jayapura Fraksi Golkar, Yuli Raman, SH.,MH, Jajaran Partai Golkar Kota Jayapura beserta pihak terkait lainnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV