SUARA INDONESIA

Telan Rp 1,6 Miliar Lebih, Gedung Dua Lantai UDD PMI Blora Sesuaikan Standar Akreditasi

Gunawan - 17 May 2024 | 12:05 - Dibaca 1.68k kali
Kesehatan Telan Rp 1,6 Miliar Lebih, Gedung Dua Lantai UDD PMI Blora Sesuaikan Standar Akreditasi
Ketua PMI Blora, Sutikno Slamet, saat memberikan sambutan peresmian gedung baru UDD PMI, Kamis (15/5/2024). (Foto: Gunawan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLORA - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora, meresmikan dan menggelar tasyakuran gedung baru Unit Donor Darah (UDD) di Jalan GOR Mustika Blora, Kamis (16/5/2024).

"Ini instruksi PMI Pusat tahun 2024, gedung UDD di seluruh Indonesia harus terakreditasi semuanya termasuk di Blora. Pembangunan dimulai pada Juni 2023 lalu," kata Sutikno Slamet, Ketua PMI Blora, dalam sambutannya.

Sutikno mengatakan, PMI Blora menggelontorkan biaya sebesar Rp 1.648.400.000 untuk membangun gedung baru UDD berlantai dua, sesuai standar yang telah ditentukan dari Kemenkes RI. Anggaran itu belum termasuk kelengkapan untuk biaya sarana dan prasarana (sarpras) lainnya.

“Ini sudah menjadi tuntutan, adanya gedung UDD PMI dengan sarpras yang memadai, termasuk halnya ketersediaan darah saat ini di posisi aman,” terangnya, di Blora.

Terkait kebijakan dan rencana strategis lainnya, Sutikno memaparkan, PMI Blora terus berupaya dan berusaha meningkatkan ketersediaan darah yang aman, terjangkau, menjaga kualitas, dan berkelanjutan.

Dan bahkan, imbuh dia, PMI Blora mampu menyuplai kebutuhan darah di luar daerah. Seperti di RSUD Padangan, Bojonegoro dan UDD PMI di Demak. “Peran semua, termasuk halnya pendonor di Blora. PMI peduli dengan memberikan bantuan tandon air bersih untuk stok ketersediaan air bersih bagi pelajar,” paparnya.

“Ini dilatarbelakangi semangat kita semua, ada uang sedikit kami wujudkan untuk sesama,” imbuhnya.

Sementara itu, Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Blora periode 2022-2027, Trisiana Setyarini mengatakan, dengan adanya gedung baru UDD PMI Blora dapat terus meningkatkan dan mengembangkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Semakin profesional, sesuai standar yang telah ditentukan dari pusat dan lebih dapat menjangkau secara luas untuk layanan donor darah di Blora dan sekitarnya.

“Setetes darah akan menyelamatkan manusia, ini motto PMI. Berkembang, profesional dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat sesuai standar yang ditentukan,” kata Bunda Ana, demikian akrab disapa, Jumat (17/5/2024).

Dirinya juga berharap, ke depan PMI Blora selalu berinovasi dan menginspirasi dalam mengemban amanah, semakin baik dari tahun ke tahun dan menjadi tonggak sejarah, hadirnya gedung UDD PMI Blora berdiri untuk layanan donor darah.

“Selalu inovatif dan inspiratif, memberikan yang terbaik dalam layanan donor darah kepada masyarakat sebagai lembaga penyedia darah," imbuh Ana. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV