SUARA INDONESIA

Stok Darah PMI Jombang Aman, Total Ada Sebanyak 1.455 Kantong

Gono Dwi Santoso - 12 September 2024 | 14:09 - Dibaca 1.22k kali
Kesehatan Stok Darah PMI Jombang Aman, Total Ada Sebanyak 1.455 Kantong
Kepala Bagian Mutu PMI Jombang, Listiana Ningsih, saat menujukan stok darah trombosit di UDD PMI Jombang, Kamis (12/09/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Jombang, memastikan stok untuk seluruh golongan darah aman. Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Mutu PMI Jombang, Listiana Ningsih, Kamis (12/09/2024).

Dia menjelaskan, saat ini stok darah di PMI Jombang masih mencukupi untuk melayani kebutuhan masyarakat, baik di Jombang maupun wilayah sekitarnya.

"Stok total ada 1.455 kantong. Dengan rincian, golongan darah A ada 244 kantong, golongan darah B sebanyak 549 kantong, golongan darah O ada 532 kantong, dan golongan darah AB mencapai 140 kantong," terangnya.

Listiana mengatakan, stok darah trombosit di PMI Jombang juga tercatat stabil, dengan rata-rata 50 kantong per hari dari keempat golongan darah.

"Yang paling banyak dicari adalah golongan darah O dan A. Dalam satu hari, rata-rata kami menerima hasil sekitar 30 kantong darah dari para pendonor," ungkapnya.

Menurut dia, PMI Jombang tidak hanya melayani kebutuhan darah di wilayahnya, tapi juga menerima permintaan darah dari beberapa daerah di luar Jombang. Seperti Mojokerto, Lamongan, Kertosono, hingga Kediri.

Meski permintaan terus datang dari berbagai wilayah, hingga saat ini PMI Jombang belum mengalami kekurangan stok darah.

"Kami siap memenuhi kebutuhan darah untuk wilayah-wilayah yang memerlukan, tanpa mengalami kendala kekurangan stok. Hal ini berkat kerjasama yang baik antara PMI dan para pendonor yang rutin mendonorkan darahnya," tuturnya.

Listiana menambahkan, PMI Jombang mengimbau masyarakat agar rutin melakukan donor darah guna menjaga ketersediaan stok yang stabil, terutama menjelang hari-hari besar atau situasi darurat yang seringkali membutuhkan suplai darah dalam jumlah besar.

"Dukungan dari masyarakat sangat penting. Dengan donor darah yang rutin, kita bisa membantu menyelamatkan lebih banyak nyawa," ucapnya.

Bagi yang ingin menjadi pendonor, cukup datang ke kantor PMI Jombang atau mengikuti jadwal donor darah yang rutin diadakan di berbagai lokasi. Syaratnya mudah, cukup berusia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg dan dalam kondisi sehat. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV