SUARA INDONESIA

Buya Yahya: Halal Itu Mahal Harganya

Redaksi - 16 March 2022 | 08:03 - Dibaca 1.28k kali
Khazanah Buya Yahya: Halal Itu Mahal Harganya
Buya Yahya (Foto: Hasil Tangkapan Layar Pada Kanal Al-Bahjah TV)
JEMBER- Islam mengejarkan perkara halal juga haram secara tegas dan jelas yang telah termaktub dalam firman-firman Allah SWT maupun hadis-hadis Nabi.

Di dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa perkara halal telah jelas ketentuannya begitupula dengan perkara haram, lalu diantara keduanya terdapat perkara syubhat yang berada di tengah-tengah.

Dengan adanya kejelasan tersebut, maka sebagai umat muslim hendaklah selalu melakukan sesuatu yang jelas kehalalannya dan jauh dari perkara syubhat.

Hal tersebut dikarenakan perkara syubhat mendekati perkara haram yang dilarang oleh Allah SWT dan jika terus dilanjutkan bisa menjerumuskan seseorang ke dalamnya sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW.

"Dari Abu Abdillah Nu'man bin Basyir RA, dia berkata, "Sesungguhnya yang halal itu jelas dan haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap syubhat berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan," HR Bukhari dan Muslim.

Buya Yahya dalam ceramahnya menyebutkan bahwa perkara halal itu mahal, maka perlu diperhatikan secara seksama, agar tidak tertipu dengan perkara haram yang berbaju kenikmatan.

"Halal itu mahal, naudzubillah hidup di bawah ac sejuk tapi haram, mengantarkan kita ke neraka. Yang dibawah matahari kelihatannya panas tapi itu rezeki yang halal, akan mulia di hadapan Allah," tandasnya. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV