SUARA INDONESIA

Sambut Tahun Baru Hijrian, Ini Do'a Akhir dan Awal Tahun Beserta Waktu Membacanya

Tim - 29 July 2022 | 11:07
Khazanah Sambut Tahun Baru Hijrian, Ini Do'a Akhir dan Awal Tahun Beserta Waktu Membacanya
JEMBER- Tahun baru Hijriah ialah momentum bagi umat Islam untuk menutup hari-hari setahun sebelumnya dan mempersiakan diri untuk menyongsong masa depan di lembaran yang baru.

Untuk itu membaca do'a akhir dan awal tahun perlu dilakukan, sebagai bentuk syukur akan apa yang telah diperoleh setahun ke belakang juga membangun harapan di masa yang akan datang. 

Adapaun waktu untuk do'a akhir tahun bisa mulai dibaca setelah salat Asar hingga sebelum salat Magrib di hari terkahir bulan Zulhijjah. Hal ini, sebagaimana yang dijelaskan pada laman mui.or.id bahwa dalam kalender Hijriah pergantian hari dimulai saat Magrib. 

Sementara untuk do'a awal tahun dibaca setelah salat Magrib hari Jum'at tanggal 30 Juli 2022. Sesuai dengan keterangan dari Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama (Drijen Bimas Kemenag) Kamaruddin Amin yang menetapkan Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharam 1444 Hijiriah pada hari Sabtu tanggal 31 Juli 2022.

Dilansir dari laman NU Online, berikut lafaz do'a akhir dan awal tahun beserta artinya.

1. Do'a Akhir Tahun

اللهم ما عملت من عمل فى هذه السنة ما نهيتنى عنه و لم اتب منه وحملت فيها علي بفضلك بعد قدرتك على عقوبتى و دعوتنى الى التوبة من بعد جرائتى على معصيتك فإنى استغفرتك فاغفرلى و ماعملت فيها مما ترضى و وعدتنى عليه الثواب فأسئلك أن تتقبل منى و لا تقطع رجاء منك يا كريم

Allahumma maa 'amilta min 'amalin fii haadzihis-sanati maa nahaytanii 'anhu wa lam atib minhu wa hamalta fiihaa 'alayya bifadhlika ba'da jaraaati 'alayya ma'shiyatika fainnis-tagfirtuka faghfirlii wa maa 'amiltu fiihaa mimmaa tardhaa wa wa'adtanii 'alayhits-tsawba faa asaluka an tataqabbal minni wa laa taqta' rajaai mingka yaa kariim

Artinya: Tuhanku aku memohon ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang. Sementara aku belum sempat bertobat perbuatan yang Kau maklumi karena kemarahan-Mu. Sementara Kau mampu menyiksaku dan perbuatan (Dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat. Sementara, aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap kau menerima perbuatanku yang Kau ridai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah Kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan yang Maha Pemurah.

2. Do'a Awal Tahun

اللهم أنت الأبدي القديم الاول و على فضلك العظيم و كريم جودك المعول و هذا عام جديد قد أقبل أسئلك العصمة فيه من الشيطان و أوليائه و العون على هذه النفس الأمارة بالسوء والاشتغال بما يقربنى اليك زلفى ياذا الجلال والإكرام 

Allahumma antal-abdiyyul-qadiimul-awwalu wa 'alaa fadhlikal-'adzhiimi wa kariimi juudikal-maula wa hadzaa 'aamuun jadiidu qad aqbala asalukal-'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa awliyaaihi wal-'awna 'alaa hadizihin-nafsil-ammaarati bissuui wal-isytigaali bimaa yuqaaribunii ilayka zulfaa ya dzal-jalaali wal-ikraami

Artinya: Tuhanku Kau yang Abadi, Qadim dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. (Ree)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya