SUARA INDONESIA

Kata Mutiara Ali Bin Abi Thalib Mengandung Nasehat dan Motivasi Hidup, Perlu Anda Ketahui!

Haerul Anwar - 14 September 2022 | 10:09
Khazanah Kata Mutiara Ali Bin Abi Thalib Mengandung Nasehat dan Motivasi Hidup, Perlu Anda Ketahui!

SUARA INDONESIA - Ali Bin Abi Thalib adalah khalifah keempat dari masa Khulafaur Rasyidin yang terkenal dengan keluasan dan kedalaman ilmunya.

Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa beliau adalah kota ilmu sedangkan Ali Bin Abi Thalib adalah pintu ilmu.

Ali Bin Abi Thalib juga terkenal dengan perkataanya, “Aku adalah budak bagi siapapun yang mengajariku walaupun hanya satu huruf”.

Dilansir dari Channel Youtube Kutipan Islam, berikut kata mutiara Ali Bin Abi Thalib yang mengandung nasehat dan motivasi hidup bagi umat Muslim:

1. Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.

2. Berbahagialah orang yang dapat menjadi tuan bagi dirinya, menjadi pemandu untuk nafsunya, dan menjadi kapten untuk bahtera hidupnya.

3. Saat aku kehilangan harapan dan rencana, tolong ingatkan aku bahwa cinta-Mu jauh lebih besar dari pada kekecewaanku, dan rencana yang Engkau siapkan untuk hidupku jauh lebih baik dari pada impianku.

4. Ilmu itu lebih baik dari pada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum dan harta terhukum. Harta itu kurang apabila dibelanjakan tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan.

5. Jadilah orang yang dermawan tapi jangan menjadi pemboros. Jadilah orang yang hidup sederhana tetapi jangan menjadi orang yang kikir.

6. Jangan biarkan hatimu berlarut-larut dalam kesedihan atas masa lalu, atau itu akan membuatmu tidak akan pernah siap untuk menghadapi apa yang akan terjadi.

7. Jangan biarkan kesulitan membuatmu gelisah karena bagaimanapun juga hanya di malam yang paling gelap, bintang-bintang tampak bersinar lebih terang.

8. Lebih mudah mengubah gunung menjadi debu dari pada menanamkan cinta di hati yang dipenuhi dengan kebencian.

9. Jangan pernah mengambil keputusan ketika sedang marah dan jangan pernah mengumbar janji ketika sedang bergembira.

10. Tubuh dibersihkan dengan air, jiwa dibersihkan dengan air mata, akal dibersihkan dengan pengetahuan dan jiwa dibersihkan dengan cinta.

11. Jadilah manusia yang baik dalam pandangan Allah. Jadilah manusia yang buruk dalam pandangan sendiri. Jadilah manusia yang biasa dalam pandangan orang lain.

12. Tiada kekayaan yang lebih utama dari pada akal. Tiada keadaan lebih menyedihkan dari pada kebodohan. Tiada warisan yang lebih baik dari pada Pendidikan dan tiada pembantu yang lebih baik dari pada musyawarah.

13. Telanlah amarahmu, karena kau tidak akan pernah menemukan minuman yang dapat meninggalkan rasa lebih manis dari pada itu.

14. Yakinlah ada sesuatu yang menantimu setelah sekian banyak kesabaran yang kau jalani. Sesuatu itu akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit.

15. Siapa yang memandang dirinya buruk maka dia adalah orang yang baik dan siapa yang memandang dirinya baik dia adalah orang yang buruk.

Demikianlah, semoga kata kata Mutiara Ali Bin Abi Thalib ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk istiqamah menghamba kepada Allah SWT dengan sebaik mungkin.


Pewarta : Haerul Anwar
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV