SUARA INDONESIA

3663 Jamaah NU Bondowoso Siap Hadiri Ramaikan Puncak 1 Abad NU di Sidoarjo

Bahrullah - 21 January 2023 | 09:01 - Dibaca 3.14k kali
Komunitas 3663 Jamaah NU Bondowoso Siap Hadiri Ramaikan Puncak 1 Abad NU di Sidoarjo
Resepsi Puncak 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Gelora Delta Sidoarjo 7 Februari 2023 (Foto Istimewa)

BONDOWOSO - Sebanyak 3663 orang jamaah Nahdlatul Ulama Kabupaten Bondowoso sudah siap hadir berangkat meramaikan acara resepsi puncak 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023 nanti.

PCNU Kabupaten Bondowoso telah mencatat, daftar jumlah kendaraan dan jumlah jama'ah yang sudah siap hadir dan berangkat. Diantaranya, armada Bus sebanyak 38 unit, Elf 66 unit, dan Minibus 26 unit.

Jumlah total kendaraan yang akan digunakan baik Bus, Elf, dan Minibus sebanyak 130 unit kendaraan.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh M. Misyono, Sekretaris PCNU Kabupaten Bondowoso pada media, Sabtu (21/02/2023).

Lebih lanjut, Misyono menerangkan, jumlah jamaah yang sudah terdata itu bukan termasuk rombongan jamaah berinisiatif berangkat sendiri tanpa dikoordinir lembaga struktural PCNU, baik oleh MWC, Lembaga NU, maupun Banom-banom NU.

"Tentunya jumlah itu memungkinkan akan terus bertambah. Saya memprediksikan total jamaah yang akan berangkat 5000 orang lebih dengan jumlah jama'ah yang berinisiatif berangkat sendiri," ujarnya.

Misyono memaparkan, jumlah 3663 jamaah itu merupakan akumulasi dari jumlah jama'ah yang dikoordinir oleh MWC di masing masing kecamatan, dan Lembaga-lembaga, serta Banom-banom dibawah naungan PCNU Bondowoso.

"Seperti, PC GP Ansor, PC Pagar Nusa, PC LKKNU, PC Muslimat NU, PC LFNU, PC Fatayat NU, PC LDNU, PC LTN NU, PC Pergunu, PC LP Ma'arif, PC LKNU dan PC LBH NU," sambungnya.

Lebih lanjut, Misyono menuturkan, para jamaah nanti akan serentak berangkat bersama-sama dari Kabupaten Bondowoso menuju Gelora Delta Sidoarjo, dan di lokasi acara akan berkumpul menjadi satu dengan daerah lainya.

Kata Misyono, pemberangkatan jemaah dari masing-masing kecamatan akan berkumpul menjadi satu di Alun-alun RBA Bondowoso.

Direncanakan, hari Senin (6/02/2023) Jam 20.00 WIB, para jamaah dengan armada kendaraannya masing-masing sudah masuk di Alun-alun RBA Bondowoso.

"Untuk pemberangkatan akan dilepas oleh Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bondowoso," ujarnya.

Di cara nanti untuk jama'ah NU Bondowoso kata Misyono, PCNU Kabupaten Bondowoso juga sudah menyiapkan tenaga medis atau kesehatan dengan armada mobil ambulan sebanyak 3 unit.

"Dari data tenaga medis dan mobil ambulan yang sudah ada, PCNU Bondowoso masih mengupayakan ada tambahan tenaga medis dan mobil ambulan bantuan dari Pemkab Bondowoso," imbuhnya.

Dia mengimbau, setiap jamaah nanti disarankan membawa air mineral yang cukup, lemak dan kresek. Setiap sampah makanan pribadi langsung diwadahi kresek yang dibawa oleh masing-masing jamaah, sehingga selesai acara tempat di lakasi kembali bersih.

"Seluruh jamaah dari saat ini sudah jaga kesehatan, agar nanti diberikan kelancaran dan kesehatan untuk hadir pada saat acara," pungkasnya.

Salah satunya, PCNU Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, telah melakukan blusukan atau turun ke bawa sapa warga dan bina desa. Acara itu sebagai bagian dari cara PCNU merespon 100 usia atau 1 Abad Nahdlatul Ulama.

Ketua PCNU Bondowoso, KH. Abdul Qodir saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk mendekatkan struktur PCNU Kabupaten Bondowoso dengan kultur masyarakat di bawah.

Simpelnya antara pengurus dengan warga di setiap sudut desa.

Kata KH. Abdul Qodir, tentunya kegiatan sapa dan bina warga tersebut ada tujuan positif. Yakni untuk mengetahui secara langsung keluhan warga. Serta melihat langsung apa yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Biar kita kan tahu langsung apa keluhannya, apa yang terjadi di bawah. Itu yang kita cari solusinya,” ujarnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV