SUARA INDONESIA

Hoaks! Kasdim Gresik Meninggal Usai Divaksin, Begini Tanggapan Kapendam V Brawijaya

Syaifuddin Anam - 18 January 2021 | 19:01 - Dibaca 1.24k kali
Kriminal Hoaks! Kasdim Gresik Meninggal Usai Divaksin, Begini Tanggapan Kapendam V Brawijaya
Kapendam V Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi dan Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail menunjukan foto Danramil Kebomas alm Mayor Gatot yang beredar luas di media watshapp

GRESIK – Kepala Penerangan Kodam (Pendam) V Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi merespon kabar hoaks mengenai Kasdim Gresik Mayor Sugeng Riyadi yang dinyatakan meninggal usai divaksin sinovac.

Kolonel Imam menyebutkan, kabar hoaks ini mendapat perhatian serius dari internal TNI AD. Pemerintah, TNI dan Polri sejak Maret 2020 sampai sekarang telah berupaya mencegah penyebaran covid-19.

Namun, ditengah pemerintah berupaya mencegah penyebaran covid-19 melalui vaksinasi malah diserang berita hoaks. Maka, antisipasi perlu dilakukan, karena ini bukan pelanggaran hoaks biasa.

“Jangan sampai proses vaksinasi yang dilakukan pemerintah ada upaya untuk menggagalkan,” kata Imam Haryadi.

Dengan kejadian ini, TNI sudah bekerjasama dengan kepolisian untuk menindaklanjuti pelanggaran tersebut. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk lebih dewasa terhadap berita hoaks.

“Mari lebih dewasa terhadap berita hoaks, karena pembuat hoaks akan lebih kreatif lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail menjelaskan, pada saat kabar itu beredar, dirinya sedang bersama Kasdim Mayor Sugeng.

Kabar tersebut langsung ditindaklanjuti dengan melaporkan ke atasan. Hingga berkoordinasi dengan pihak kepolisian. "Sekarang sedang dalam penyelidikan Polres Gresik," imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menyebutkan, dalam proses penyelidikan berita hoaks tersebut telah membentuk tim khusus.

Tidak hanya memburu pelaku penyebar hoaks juga pembuat hoaks. Meski demikian, sampai saat ini, polisi belum mengantongi identitas apapun.

Alumnus Akpol 2001 tersebut juga belum bisa membeberkan sejauh mana proses penyelidikan yang dilakukan. “Kami belum bisa sampaikan sekarang, karena masih proses penyelidikan,” ungkapnya.

Sebelumnya, beredar kabar Kasdim 0817 Gresik Mayor Sugeng Riyadi meninggal usai dilakukan vaksinasi sinovac. Dalam kabar hoaks itu terdapat foto alm Mayor Gatot Supriyono, Danramil Kebomas yang dilingkari.

Gatot Supriyono meninggal dunia pada Jum'at (15/1/2021) diduga terkena serangan jantung, dan almarhum Gatot belum pernah divaksin Sinovac. Namun, pada Kamis (14/1/2021) sempat menjalani rapid antigen dan hasilnya negatif.

Pada tanggal yang sama Kasdim 0817 Gresik Mayor Sugeng Riyadi melaksanakan vaksinasi di RSUD Ibnu Sina, menggantikan Dandim lantaran tekanan darah cukup tinggi.

Terkait vaksinasi yang dilakukan saat ini, Imam berharap, masyarakat percaya kepada pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV