SUARA INDONESIA

5 Hidangan Tradisional Khas Ramadhan, Harus Coba!

Yuliarti Selli - 15 April 2021 | 15:04
Kuliner 5 Hidangan Tradisional Khas Ramadhan, Harus Coba!

MALANG - Ramadhan ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Terutama bagi umat muslim dunia maupun di Indonesia.

Berbicara bulan Ramadhan di Indonesia, tentu identik dengan hidangan berbagai macam menu yang akan disajikan untuk menu buka puasa.

Ada beraneka sajian menu buka puasa yang bisa anda pilih sesui budget yang kita punya. Tidak harus yang mahal, karena banyak yang murah dan tak kalah enak.

Di bulan puasa ini, ada makanan khas yang bisa dicoba dan belum tentu ada di bulan-bulan lainnya. Penasaran seperti apa? Langsung simak yuk:

1. Ketupat

Ketupat adalah salah satu menu wajib yang ada di bulan Ramadhan menuju idul fitri. Makanan ini bahan utamanya berupa beras yang disajikan di dalam anyaman daun kelapa muda yang sudah dibentuk segi empat. Jadi bisa dibilang ini pengganti nasi.

Ketupat juga cocok untuk berbagai hidangan. Mulai dari opor sampai sambal goreng. Jadi sajian ini memang enak dan ditunggu-tunggu oleh para khalayak ramai. Masakan ini kebanyakan ditemukan di pulau Jawa.

2. Pakat

Hidangan ini berasal dari rotan muda yang ada di Sumatera Utara. Makanan ini khas suku Tapanuli Selatan dan Mandailing.

Pakat menjadi hidangan buka puasa yang enak dan terjangkau. Rotan muda tadi dibakar, kemudian dikuliti dan diambil dagingnya.

Daging rotan kemudian dijadikan kudapan yang nikmat sebagai lalapan bersama dengan sepiring nasi.

Memakan Pakat dipercaya bisa mengembalikan tenaga atau stamina yang hilang saat berkegiatan seharian. Hal tersebut juga menjadi tradisi turun temurun keluarga suku tersebut.

3. Gulai Siput

Gulai biasanya berisikan daging kambing, tetapi beda dengan masakan ini. bahan utamanya adalah siput atau sejenis keong.

Hewan ini bisa ditemukan di sekitar persawahan. Siput banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Rasa gulainya beda karena citarasa kaldunya dari daging siput.

Hidangan ini banyak ditemukan saat bulan puasa dan cocok untuk disantap saat berbuka. Siapa yang mau? Kalau aku sih mau.

4. Kolak

Kolak, macam-macam bahan utamanya yang juga manis. Mulai dari pisang, ubi jalar, hingga bahan yang cocok lainnya.

Makanan ini direbus dengan santan dan diberi gula merah. Ada juga yang menambahkan kolang kaling maupun ketan. Hal tersebut sebagai pelengkap.

Hmm, tidak sabar untuk mencicipinya. Rasa manis kolak asli (alami) membuat anda ketagihan dan terus kepikiran untuk mencicipinya. Selain mengenyangkan, kolak juga menyegarkan.

5. Es Timun Suri

Hiya..hiya..hiya, ada-ada saja penamaannya. Karena berkaitan dengan nama buah itu sendiri, yaitu Timun Suri.

Hidangan berbuka ini bisa didapat di Cirebon dan rasanya menyegarkan. Minuman khas ini merupakan sajian sederhana dari Timun Suri dan air gula. Paduan yang menenangkan.

Untuk anda yang penasaran ingin membuatnya, langsung search saja ya di internet atau bisa langsung saja ke Cirebon ya biar tahu rasa aslinya.

Itulah 5 hidangan khas saat Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Pewarta : Yuliarti Selli
Editor : Swandy Tambunan

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya