SUARA INDONESIA

Usai Dijamas, 7 Pusaka Keris Dikembalikan ke Keraton Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 27 July 2023 | 13:07 - Dibaca 719 kali
News Usai Dijamas, 7 Pusaka Keris Dikembalikan ke Keraton Sumenep
Prosesi penyerahan pusaka keris Keraton Sumenep kepada Sekda Sumenep. Foto: Mahrus for suaraindonesia.co.id

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Usai dijamas di Desa Aeng Tong-tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, sebanyak tujuh pusaka keris milik Keraton Sumenep, akhirnya dikembalikan ke tempat semula. 

Prosesi penyerahan pusaka keris tersebut, juga dikuti dengan upacara Kirab Pengembalian Pusaka Keraton, yang berjalan penuh khidmad dan sakral di Pendopo Agung Sumenep, Kamis (27/7/2023).

Perlu diketahui sebelumnya, jamasan berarti memandikan, mensucikan, membersihkan, merawat dan memelihara keris, yang dilakukan setiap tanggal 7 Bulan Syura, oleh para empu di Desa Aeng Tong-tong. 

Tanggal 7 Bulan Syuro dipilih untuk menjadi waktu penjamasan pusaka keris, dengan alasan sebagai simbol penciptaan langit dan bumi, yang dipercaya diciptakan dalam waktu 7 hari dan 7 malam. 

Sekertaris Daerah (Sekda) Sumenep Edy Rasyiadi menjelaskan, penjamasan dan kirab pengembalian pusaka keris ke Keraton Sumenep, juga menjadi bagian dari pelestarian budaya leluhur. 

Tak hanya itu, upacara yang diiringi dengan musik kaleningan dan pembakaran dupa itu, juga merupakan wujud ungkapan rasa terimakasih dan menghargai peninggalan atas karya seni budaya, nan adiluhung para generasi pendahulunya kepada generasi berikutnya.

"Tadi yang di jamas sekitar 7 pusaka tetapi masih banyak pusaka yang tidak tampilkan meskipun sudah di jamas," kata Edy Rasyiadi di Pendopo Keraton Kamis, (27/7/2023). 

Berdasarkan pantauan di lapangan, pengembalian pusaka Keraton ini, dipimpin para empu serta masyarakat Desa Aeng Tong-Tong. Kemudian, keris diserahkan kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, yang saat itu, diwakili oleh Sekda Sumenep

Sejumlah pelajar juga turut menyaksikan proses pengembalian pusaka Keraton yang telah dijamas. Hal itu merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, dalam mengenalkan dan melestarikan budaya daerah pada generasi muda. 

"Jadi ini salah satu pemkab Sumenep bagaimana anak muda sekarang ikut membantu melestarikan kebudayaan di Kabupaten Sumenep," tutupnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV