SUARA INDONESIA

Raih 2 Penghargaan, Forum Anak Desa Harjomulyo Menjadi Perhatian Nasional

Ambang Hari Laksono - 28 August 2023 | 17:08 - Dibaca 2.22k kali
News Raih 2 Penghargaan, Forum Anak Desa Harjomulyo Menjadi Perhatian Nasional
Penghargaan yang diperoleh Desa Harjomulyo. (Foto : Istimewa/Suaraindonesia.co.id)

JEMBER, Suaraindonesia.co.id - Desa Harjomulyo mendapatkan 2 penghargaan di Malam Puncak Hari Anak Nasional yang diselenggarakan di tengah alun-alun kota Jember (28/08/2023). 

Dua jenis penghargaan tersebut masing-masing adalah kategori Pembina Forum Anak Desa Terbaik yang diterima oleh Kepala Desa Harjomulyo, dan Kategori Forum Anak Desa Teraktif dengan berbagai kegiatan yang mengharumkan nama kabupaten Jember yang diterima oleh Pengurus FAD Harjomulyo.

"Kami sangat bersyukur desa kami mendapatkan 2 kategori penghargaan, semoga ini menjadi motivasi ke depan menjadi lebih baik. Ini sebuah tantangan, karena lebih mudah untuk mendapatkan dari pada mempertahankan." Ungkap Kartono, kepala desa Harjomulyo di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Kabid Perlindungan Anak d DP3AKB Jember Joko Sutriswanto mengaku bangga dan bahkan sering "menjual" FAD Harjomulyo dimana-mana.

"Harjomulyo ini sangat pantas menerima penghargaan tersebut. Sebagai pembina, Kades sangat memperhatikan keberadaan FAD baik secara organisasi atau pun non organisasi. Beliau sangat welcome pada semua program yang berkaitan dengan desa layak anak. FADnya juga sangat aktif meski tidak ada anggaran periode 2021-2022, apalagi sekarang sudah ada anggarannya. Makin gercep!" ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa untuk Kabupaten Jember, Forum Anak Desa Harjomulyo adalah forum anak pertama yang resmi dilantik pada tahun 2022 dengan alokasi anggaran kegiatan terbesar di Jember yaitu 17 juta rupiah. Lalu pada tahun 2023 pemerintah desa kembali memberikan anggaran sebesar 22 juta rupiah. Selain itu, desa Harjomulyo juga merupakan desa pertama yang mendeklarasikan diri sebagai desa Zero Pernikahan Anak dengan membentuk Gugus Tugas Desa Layak Anak.

Sebagai salah satu binaan dari Tanoker Ledokombo lewat program Power To Youth Rutgers Indonesia, FAD Harjomuyo telah melaksanakan berbagai program pemberdayaan anak, baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga Internasional. Salah satu produk unggulannya adalah memperkenalkan kearifan lokal desanya dengan mendesain dan membuat batik khas Kopi Bambu Harjomulyo. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV