SUARA INDONESIA

Lanal Cilacap Tangkap Pelaku Pencurian Batu Bara di Atas Kapal Tongkang

Satria Galih Saputra - 09 September 2023 | 19:09 - Dibaca 1.09k kali
News Lanal Cilacap Tangkap Pelaku Pencurian Batu Bara di Atas Kapal Tongkang
Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno saat memberikan keterangan kepada awak media di Pos Lanal Pelabuhan Sleko (Foto : Galih/Suaraindonesia.co.id)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Seorang nelayan berinisial S (45) ditangkap petugas dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap lantaran mencuri batu bara di atas Kapal Tongkang di kompleks Dermaga Wijayapura Cilacap. 

Penangkapan pelaku berawal dari penggerebekan yang dilakukan petugas pada Kamis malam (07/09/2023).

"Saat itu sekitar pukul 19.30 WIB, prajurit Lanal sedang melaksanakan patroli di Dermaga Wijayapura tanpa sengaja melihat ada beberapa orang diatas Kapal Tongkang Barge (TB) Azamara 5 sedang membongkar muatan batu bara ke kapal yang dibawa mereka," ungkap Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno saat press rilis di Pos Lanal Pelabuhan Sleko, Sabtu (09/09/2023).

Karena curiga, petugas pun kemudian menyoroti para pelaku menggunakan senter dari kejauhan. Setelah aksinya diketahui petugas, mereka kemudian berusaha melarikan diri. 

Setelah itu, salah satu petugas kemudian melaporkannya ke Perwira Intel Lanal dan Komandan Kali Serayu. 

"Setelah menerima laporan, 2 Perwira kami beserta beberapa anggota menuju ke lokasi kejadian untuk mengecek. Pada saat datang, para pencuri ini sudah tidak ada," kata Danlanal Cilacap didampingi Kanit Reskrim Polresta Cilacap, Ipda Andi.

Selanjutnya, petugas melakukan pengintaian hingga dini hari. 

"Pada pukul 01.15 dinihari para pencuri kembali datang. Dan pada saat melakukan pencurian, mereka kita gerebek, 1 orang berhasil kita tangkap, sementara lainnya melarikan diri ke darat," ucap Kolonel Laut (P) Bambang. 

"Dari pengakuan satu orang yang tertangkap ini, diketahui pelaku berjumlah 6 orang," imbuhnya. 

Adapun modus pencurian yang dilakukan pada saat Kapal Tongkang datang, kemudian para pelaku membuntuti dari belakang. 

"Setelah itu pada saat kapal bersandar dan hari sudah mulai gelap, mereka kemudian memulai aksinya. Beberapa orang naik diatas tongkang membongkar batu bara lalu dimasukan ke kapal pengangkut," tutur Danlanal. 

"Kalau kondisinya aman artinya tidak ketahuan aparat dengan kapal GT 4, kemungkinan besar mereka bisa mengambil antara 5 ton batu bara, atau bahkan lebih," sambungnya. 

Selain pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti puluhan karung berisi batu bara sekitar 2 ton dan 1 buah kapal. Untuk proses lebih lanjut, pelaku dan barang bukti diserahkan ke Satreskrim Polresta Cilacap.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV