SUARA INDONESIA

Kemenag Jombang Gencarkan Sosialisasi Masyarakat Sadar Halal ke Siswa Madrasah 

Gono Dwi Santoso - 11 September 2023 | 20:09 - Dibaca 1.34k kali
News Kemenag Jombang Gencarkan Sosialisasi Masyarakat Sadar Halal ke Siswa Madrasah 
Kepala Kemenag Kabupaten Jombang ,Dr Muhajir,S.Pd.,M.Ag., pada saat memberikan sertifikat halal kepada pelaku usaha yang berjualan di kantin Madrasah di MAN 1 Jombang, Senin (11/09/2023).(Foto: Kemenag Jombang for Suaraindonesia.co.id.).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Kantor Kementrian Agama melakukan launching Gerakan Masyarakat Sadar Halal Jombang (Masdarlambang) yang di lakukan di Desa Menturo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang 22 Agustus 2023 lalu.

Kini, Kemenag Jombang kembali melakukan kampanye sadar halal yang dilakukan serentak di 241 Madrasah Ibtidaiyah dan 1 Madrasah Aliyah se-Kabupaten Jombang  dan menyasar 35.775 siswa, Senin (11/09/2023).

Dalam kampanye Masdarlambang ini, mulai Kepala Kantor, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi dan Penyelenggara, pengawas madrasah dan PAI, kepala KUA, penyuluh agama Islam fungsional dan honorer, hingga pendamping produk halal madrasah secara serentak menjadi pembina apel pagi di madrasah. 

Pada apel tersebut, seluruh peserta didik diberikan edukasi tentang pentingnya mengonsumsi dan membeli makanan dan minuman yang halal untuk di konsumsi.

Kepala Kemenag Kabupaten Jombang, Muhajir dalam sambutannya mengatakan, mulai hari ini Kementerian Agama Kabupaten Jombang mengkampanyekan Masdarlambang.

"Dimana Masdarlambang adalah singkatan dari Masyarakat Sadar Halal Jombang yang sudah di launching pada bulan Agustus kemarin di Desa Menturo Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang," jelasnya.

Ia melanjutkan, melalui Masdarlambang, pihaknya ingin mengedukasi seluruh masyarakat Jombang dimulai dari peserta didik madrasah agar tumbuh kesadaran masyarakat untuk hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang halal.

"Kalian kalau beli makanan dan minuman dimanapun itu, harus beli makanan dan minuman yang dijamin pasti kehalalannya, dipastikan dulu di kemasannya ada label halalnya," terangnya saat memberikan sambutan.

Muhajir juga mengatakan, untuk selalu mengkampanyekan kepada keluarga, kepada ibu bapak, kepada adik-adik, kakak.

"Sampaikan pesan ini, mari kita hanya mengkonsumsi makanan minuman atau produk apapun yang dijamin pasti kehalalannya," jelasnya.

“Mudah-mudahan ke depan, seluruh masyarakat di Kabupaten Jombang hanya akan mengkonsumi makanan, minuman, dan produk-produk yang memang sudah dijamin pasti kehalalannya,” pungkasnya.

Sementara itu, pelaksana Gerakan Masdarlambang, Fitriah Susanti Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Penzawa) menyampaikan, target dari kampanye adalah seluruh peserta didik madrasah se-Kabupaten Jombang.

 “Untuk target dari kampanye sadar halal ini adalah seluruh peserta didik madrasah se-Kabupaten Jombang, untuk itu akan kami laksanakan sebanyak dua tahap, tahap pertama hari ini, dan tahap kedua pada senin depan,” terangnya.

Fitria menambahkan, sasaran untuk senin depan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang masih belum terjadwal di tahap pertama, Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

“Semoga dengan adanya Gerakan Masdarlambang ini, seluruh peserta didik dapat memahami bahwa sebagai muslim kita wajib mengonsumsi makanan dan minuman yang halal, sehingga saat membeli makanan atau minuman, mereka memilih produk yang ada label halal yang resmi,” tandasnya. (gn/amb)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV