SUARA INDONESIA

BMKG Perkirakan 10 Persen Wilayah Indonesia Masuki Musim Hujan Akhir Oktober 2023

Redaksi - 24 October 2023 | 10:10 - Dibaca 1.09k kali
News BMKG Perkirakan 10 Persen Wilayah Indonesia Masuki Musim Hujan Akhir Oktober 2023
Ilustrasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) (Beritasatu.com/ jejaring Suaraindonesia.co.id)

JAKARTA, Suaraindonesia.co.idBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan  sekitar 10% wilayah Indonesia bakal memasuki musim hujan  akhir Oktober 2023. Curah hujan dalam periode Dasarian II Oktober 2023 umumnya akan berada dalam kategori rendah hingga menengah (0-150 mm per Dasarian).

Wilayah-wilayah yang saat ini mengalami musim hujan termasuk sebagian besar Aceh, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, sebagian besar Sumatera Barat, Bengkulu, sebagian kecil Kalimantan Barat, sebagian kecil Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah bagian tengah, sebagian kecil Maluku, sebagian Papua Barat, dan sebagian kecil Papua bagian utara.

Dilansir dari beritasatu.com jejaring Suaraindonesia.co.id, prakirawan BMKG, Hasalika Nurjanah menyebut, beberapa kota besar di Indonesia pada hari ini berpotensi mengalami hujan dengan intensitas mulai dari ringan hingga lebat. Di Sumatera, hujan ringan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Medan, dan Pekanbaru. Tanjungpinang dapat mengalami hujan sedang, sementara Padang memiliki potensi hujan lebat.

Hasalika juga menyebut bahwa wilayah Jambi dan Bengkulu kemungkinan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Di Palembang, perlu diwaspadai adanya hujan disertai petir.

Cuaca di Pulau Jawa umumnya cerah hingga berawan, kecuali Serang yang berpotensi hujan ringan. Sementara Jakarta akan cerah berawan pada pagi hingga malam hari.

Bali dan Nusa Tenggara cenderung cerah berawan, sedangkan sebagian besar wilayah Kalimantan diperkirakan akan mengalami hujan ringan hingga sedang. Untuk Maluku dan Papua, prakiraan cuaca menunjukkan kondisi berawan, kecuali di Ternate, Manokwari, dan Jayapura, yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV