SUARA INDONESIA

Dorong Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan, Pemkab Gelar Bupati Sumenep Award 2023

Wildan Mukhlishah Sy - 15 November 2023 | 09:11 - Dibaca 1.27k kali
News Dorong Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan, Pemkab Gelar Bupati Sumenep Award 2023
Peraih Bupati Sumenep Award 2023 (Foto: Istimewa)

SUMENEP, SUARA INDONESIA- Pemkab Sumenep, Jawa TImur, melakukan upaya untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan dengan menggelar kegiatan Bupati Sumenep Award 2023. Ajang penghargaan tersebut melibatkan seluruh kecamatan dan kelurahan di pulau ujung timur Madura.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memotivasi para camat maupun lurah setempat, agar terus meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik layaknya sebuah orkestra.

Menurutnya, dengan peningkatan itu setiap camat maupun lurah lebih leluasa berfikir cepat, inovatif, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di sekitar tempat tugas, sehingga bisa membawa nama baik Sumenep dengan prestasi-prestasi di dalam maupun luar daerah.

"Dengan inovasi itu, dapat memberikan dampak sosial dari berbagai aspek termasuk kesejahteraan," tegasnya.

Seperti, lanjut Cak Fauzi, mengubah cara bergerak pemerintahan sehingga masyarakat tak perlu lagi mendatangi kantor kecamatan, tetapi dikirimkan langsung ke rumah masing-masing yang juga berimbas pada pengeluaran biaya transportasi.

"Juga efisien bagi masyarakat, tanpa harus ke luar rumah untuk mengurus administrasi, misalnya. Dengan inovasi itulah masyarakat terlayani dengan baik," lanjutnya.

Lebih jauh, ujar orang nomor satu di Sumenep itu, tugas camat adalah mendorong kepala desa (kades) di masing-masing wilayah agar bisa berfikir cepat dalam melayani masyarakat, terutama dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setdakab Sumenep, Didik Wahyudi mengungkapkan, selain bertujuan meningkatkan kreativitas serta inovasi para camat maupun lurah, Bupati Award 2023 juga sebagai bentuk evaluasi kinerja kecamatan (EKK).

"Output-nya, menjadikan sistem pemerintahan yang akuntabel, responsif dan berintegritas tinggi," jelasnya.

Bupati Award 2023, kata dia, telah diselenggarakan sejak 25 September hingga 20 Oktober 2023 yang dimulai dengan tahap peluncuran serta sosialisasi ke camat maupun lurah setempat.

Penilaian administrasi dimulai pada 26 September - 6 Oktober 2023 oleh tim penilai dari internal dan eksternal, dengan ketentuan kinerja camat sangat tinggi dengan penilaian 80-90.

Dari tahapan penilaian itu, ada delapan kecamatan yang masuk kategori. Dua kecamatan dinyatakan sebagai berkinerja baik dengan nilai 70-79. Sedangkan enam kecamatan lain dinilai memiliki kinerja sedang dengan nilai 60-69. Sementara yang berkinerja kurang ada 11 kecamatan dengan nilai 0-49.

Kemudian tahap dua adalah penilaian prestasi dan presentasi yang dilakukan pada 9 Oktober-13 Oktober 2023.

Di tahap ini, seluruh camat maupun lurah memaparkan inovasi yang telah dan akan dilakukan ke depan dengan kategori peniliaian dari asas kebermanfaatan, efektivitas, kebaruan dan keberlanjutan.

Setelah itu, tim penilai juga meninjau lapangan dari hasil prestasi dan presentasi tersebut selama tiga hari, yakni dari 16-18 Oktober 2023.

Peninjauan tersebut bertujuan untuk mencari kinerja para camat yang baik dan menentukan lima nominator yang dinilai berhak menjadi pemenang.

Untuk hadiah juara 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 15 juta, piala plus piagam penghargaan. Juara 2 Rp 12 juta, piala, sekaligus piagam penghargaan dan juara 3 mendapatkan uang pembinaan Rp 10,5 juta, termasuk piala dan piagam pengharagaan.

Sementara untuk lurah peraih juara 1 mendapatkan penghargaan berupa uang Rp 12 juta ditambah piala, medali dan piagam penghargaan.

Selain itu, bagi camat nominator akan diikutkan study tour ke Sumedang, daerah yang saat ini peringkat satu dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE).

Perjalanan itu diharapkan menjadi wadah saling tukar pikiran para camat untuk meningkatkan kinerja melalui eletronik, sehingga dapat diterapkan untuk kemajuan Sumenep.

Peraih Bupati Sumenep Award 2023, juara 1 Kecamatan Talango, juara 2 Kecamatan Pasongsongan, juara 3 Kecamatan Pragaan. Sedangkan tingkat kelurahan, diraih oleh Kelurahan Bangselok. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV