SUARA INDONESIA

Terpilih Kembali, Ketua Asosiasi P3MI Cilacap Berkomitmen Selesaikan CPMI Unprosedural

Satria Galih Saputra - 06 December 2023 | 23:12 - Dibaca 1.41k kali
News Terpilih Kembali, Ketua Asosiasi P3MI Cilacap Berkomitmen Selesaikan CPMI Unprosedural
Pemilihan Ketua Asosiasi P3MI Cahaya Fortuna Kabupaten Cilacap periode tahun 2023 - 2027 di Azana Asia Hotel. (Foto: istimewa)

SURA INDONESIA, CILACAP - Kepala Cabang PT Cikal Dian Astuti, Vivin Eka Budi Wahyono, kembali terpilih sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Cahaya Fortuna Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pemilihan periode 2023 - 2027 itu berlangsung di salah satu hotel di Cilacap, Rabu (06/12/2023). 

Ada dua kandidat yang maju pada kontestasi itu. Yakni petahana Vivin Eka Budi Wahyono dan Mukiman. Hasilnya, Vivin menang telak dengan perolehan 30 suara, mengungguli Mukiman dengan 18 suara. 

Ketua panitia penyelenggara, Suharto mengatakan, sebelumnya panitia telah melakukan penjaringan melalui aspirasi partisipasi anggota. 

Menurutnya, pada awal penjaringan muncul 15 nama kandidat calon ketua. "Dan tugas panitia adalah menyempurnakan, melakukan evaluasi, kemudian verifikasi, dan menanyakan tentang kesanggupan serta kesiapannya terkait kompetensi mereka," ungkapnya.

Setelah itu, bersama-sama panitia bertemu dengan ketua, sekretaris, dan bendahara asosiasi sebelumnya. "Kemudian kita sepakati Vivin Eka Budi Cahyono dan Mukiman sebagai kandidat calon ketua," imbuhnya. 

Sementara untuk pemilih sendiri merupakan anggota yang sesuai dan terdaftar. "Kita undang kepala cabang yang sudah resmi dan ber-OSS. Ada juga teman-teman cabang yang masih dalam proses OSS, itu jumlahnya sekitar 50," ucap Suharto. 

Lebih lanjut Suharto mengaku, pada 2019-2021 lalu, asosiasi sempat vakum karena pandemi Covid-19. "Sehingga saya melihat kinerja asosiasi sudah tiarap, dan tidak ada yang bisa dilakukan oleh pengurus asosiasi," katanya. 

Kemudian, pada 2022 ada info peraturan baru Nomor 9 Tahun 2020 tentang penempatan PMI keluar negeri harus menggunakan zero cost. "Ini menjadikan sesuatu yang luar biasa buat teman-teman P3MI, tentunya menjadi hambatan, sehingga masih belum bisa bekerja secara optimal," ungkapnya.

Oleh karena itu, diharapkan kepada Ketua Asosiasi P3MI Cahaya Fortuna terpilih dan pengurus baru nantinya bisa introspeksi diri dan melakukan pemetaan. "Jadi selama ini, apa-apa saja yang sudah kita lakukan di dalam membantu kerja teman-teman P3MI, sehingga teman-teman ini nantinya bisa sukses di dalam bekerja tanpa ada hambatan dan lain sebagainya," jelasnya. 

Suharto juga meminta ke depan Ketua terpilih beserta pengurus melakukan pemetaan, melakukan perbaikan-perbaikan sistem kerja asosiasi, kemudian mengimplementasikan program-program dari asosiasi. 

Sementara itu, ketua terpilih Vivin Eka Budi Cahyono mengatakan, program ke depan, pihaknya akan melanjutkan program-program yang belum dilaksanakan. Terutama terkait proses CPMI yang unprosedural dan akan diselesaikan. 

"Itu program utama saya. Kemudian kita sosialisasi ke desa-desa, dan kita akan menggandeng Ketua Apdesi untuk koordinasi di mana kantong-kantong CPMI. Dan kita akan edukasi, kita sosialisasikan agar proses unprosedural itu akan hilang secara alami dengan sendirinya," jelasnya. 

Kemudian pihaknya akan berkoordinasi atau komunikasi dengan pihak-pihak terkait, seperti P2MI, Kemnaker atau Disnakerin Kabupaten Cilacap. "Jadi apa yang menjadi kendala dan permasalahan P3MI, kita upayakan agar bisa atasi. Proses pelayanan yang ribet atau proses birokrasinya, sehingga lebih nyaman lebih singkat dan lebih cepat untuk proses CPMI terutama dokumen," pungkas Vivin. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV