SUARA INDONESIA

Masuk Bulan Ramadan, Perajin Kubah Masjid di Jombang Banjir Orderan

Gono Dwi Santoso - 13 March 2024 | 14:03 - Dibaca 553 kali
News Masuk Bulan Ramadan, Perajin Kubah Masjid di Jombang Banjir Orderan
Imam Muttaqin perajin mahkota kubah masjid saat membuat kubah di Desa Janti, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (13/03/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Bulan Ramadan menjadi berkah bagi perajin mahkota kubah masjid di Desa Janti, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Karena memasuki bulan suci ini, permintaan kubah meningkat.

Imam Muttaqin, salah seorang perajin kubah, mengaku ada peningkatan pesanan hingga 50 persen lebih. "Biasanya hari biasa di satu pekan ada empat pesanan masuk, tapi bulan Ramadan ini ada peningkatan antara enam sampai tujuh kubah," terangnya, Rabu (13/3/2024).

Imam mengatakan, untuk pembuatan satu unit mahkota kubah ini, bisa diselesaikan dalam waktu dua hingga tiga hari, tergantung bentuk, motif dan ukurannya.

Harganya bervariasi tergantung besar kecilnya. Ukuran paling kecil Rp 300 ribu hingga Rp 3,5 juta. Bahkan, ada yang Rp 6 juta.

“Kalau ramai sekali dalam sebulan bisa menyelesaikan puluhan unit mahkota kubah masjid. Tapi kalau permintaan sepi paling sekitar 4-5 buah kubah," paparnya.

Imam menjelaskan, untuk pesanan kubah masjid buatannya rata-rata berasal dari luar kabupaten. Seperti dari Sidoarjo, Surabaya, Malang, Banyuwangi dan Lamongan. “Dan untuk menjaga kualitas kubah, biasanya dikerjakan sendiri agar hasilnya maksimal," terangnya.

"Untuk bahan baku kubah masjid ini dengan bahan plat stainless, ada juga yang berbahan galvalum. Dan bisa bertahan hingga puluhan tahun," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV