SUARA INDONESIA

Dilepas Sekretaris Daerah, Ribuan Pesepeda Ikut  Gowes Bareng Bung Karna

Syamsuri - 11 August 2024 | 11:08 - Dibaca 1.14k kali
News Dilepas Sekretaris Daerah, Ribuan Pesepeda Ikut  Gowes Bareng Bung Karna
Ribuan peserta Gowes Bung Karna ikut menyemarakkan Harjakasi dan HUT Kemerdekaan RI di Situbondo. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Sebanyak 1.500 peserta pesepeda dari dalam daerah maupun luar daerah mengikuti gowes bareng Bung Karna. Kegiatan tersebut dilepas oleh Sekretaris Daerah Situbondo, Wawan Setiawan di depan Pendopo Aryo Alun alun Kota Situbondo. Minggu (11/08/2024).

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Satpol PP tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke 206 dan HUT Kemerdekaan RI ke 79.

Sekretaris Daerah, Wawan Setiawan mengakui kegiatan Gomes ini digelar selain untuk mengenalkan objek wisata yang ada di daerah tersebut sembari tetap berolahraga untuk menjaga kesehatan.

“Untuk memeriahkan Harjakasi dan HUT Kemerdekaan RI ini pihaknya menyediakan berbagai macam hadiah, seperti Umroh, Sepeda Motor, TV, Sepeda Gunung dan ratusan doorprize, selain itu juga ada paket voucher bagi tiga orang peserta masing masing @ Rp. 5 juta dari sponsor biro perjalanan.Sedangkan dana yang digunakan semua itu bersumber dari DBHCHT tahun anggaran 2024.

"Kegiatan Gowes ini banyak diminati oleh masyarakat Kabupaten Situbondo dan masyarakat dari luar daerah. Event ini juga salah satu untuk mengungkit dan menggerakkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Situbondo, karena mereka yang datang ke Situbondo tersebut dipastikan akan berbelanja di Kabupaten Situbondo, sehingga perputaran uang akan mengalir je masyarakat Situbondo," jelasnya.

Kata, Wawan Sapaan akrab Sekretaris Daerah, bahwa peserta yang mengikuti gowes ini sebanyak 1.500 orang, itupun jumlahnya ada pembatasan, tetapi karena ini memperingati momen yang sangat penting yaitu Harjakasi dan Kemerdekaan RI, maka pembatasan peserta itu kita cabut dan akhirnya jumlah peserta yang mendaftar sesuai dengan batas yang sudah ditentukan.

"Kegiatan gowes ini juga sekaligus untuk mensosialisasikan rokok ilegal sehingga para peserta nanti setelah datang disitu juga ada rangkaian acara, dimana salah satunya juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat luas bahwa peredaran rokok ilegal ini harus sama sama kita cegah, sehingga pendapatan pajak yang masuk ke negara ini maksimal," bebernya.

Sementara itu, Kasatpol PP Situbondo menambahkan kegiatan gowes ini pesertanya selain dari dalam daerah juga banyak diikuti dari luar daerah yang tersebar di Wilayah Tapal Kuda seperti Probolinggo, Lumajang, Banyuwangi, Jember dan Bondowoso.

"Kegiatan ini juga menyosialisasikan program terkait dengan pemberantasan rokok ilegal termasuk juga di bidang cukai supaya sosialisasi ini lebih masif kepada masyarakat untuk lebih memahami tentang kegunaan cukai dan juga apa saja rokok yang tidak boleh beredar di masyarakat luas," bebernya.

"Jadi kegiatan ini tidak hanya kita lakukan dengan cara tatap muka tetapi dilakukan dengan sosialisasi secara masif kepada masyarakat secara luas di Kabupaten Situbondo," tambahnya.

Kata Sopan Efendi, sebenarnya dalam kegiatan ini tidak ada pembatasan peserta karena waktunya semakin mepet dan peserta yang mendaftar semakin membludak, sehingga peserta melalui online ini kita tutup sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

"Apabila peserta ini tidak kita tutup, maka kita ini harus bisa menyiapkan lagi sesuatunya agar kegiatan gowes ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar," tegasnya.

Lebih lanjut, Sopan menambahkan, untuk rute gowes yang akan ditempuh oleh peserta ini sepanjang 26 Kilometer yang dimulai dari depan Pendopo belok kiri langsung lurus ke Jl. Sucipto menuju pantai pathek belok kiri lagi lurug ke Jl. PG. Wringin anom lurus ke Jl. Sumberkolak langsung kembali lagi ke finish di Alun Alun Kota Situbondo. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV