SUARA INDONESIA

Prestasi Atlet Situbondo Menurun Drastis di Porprov 2023, Tanggung Jawab KONI Dipertanyakan

Syamsuri - 19 September 2023 | 12:09 - Dibaca 1.92k kali
Olahraga Prestasi Atlet Situbondo Menurun Drastis di Porprov 2023, Tanggung Jawab KONI Dipertanyakan
Suasana di kantor DPRD Kabupaten Situbondo. ( Foto : Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Pagelaran Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov VIII Jawa Timur 2023 yang dilaksanakan di Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, dan Jombang telah berakhir.

Sayangnya, kontingen Situbondo hanya mampu meraih 4 medali perak dan 6 medali perunggu tanpa medali emas satupun.

Dari 38 kota/kabupaten, Situbondo berada di urutan paling belakang, turun drastis dari pagelaran tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisi IV DPRD Situbondo, H. Tolak Arin kepada Jurnalis suaraindonesia.co.id, Selasa, (19/09/2023) siang.

Dirinya mengatakan, terkait keikutsertaan para atlet terhadap event Porprov VIII Jatim, ada beberapa curhatan, keluhan dan masukan dari beberapa stakeholder yang ikut andil di dalamnya.

"Atlet Situbondo tidak terbangun dengan baik, akibatnya ada beberapa atlet yang memakai dana pribadi. Ada indikasi bahwa tahapan-tahapan metodelogi atau aturan aturan main yang sudah ada tidak dilaksanakan. Ini menjadi faktor penting, sehingga prestasi olahraga Kabupaten Situbondo ini tidak bisa meraih prestasi dengan baik," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengutarakan bahwa, Komisi  IV DPRD Situbondo sangat menghargai dan mengapresiasi perjuangan keras dari para atlet.

"Tentu ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dan diperhatikan kedepannya. Bagaimana tanggung jawab KONI Situbondo yang sudah diberikan tugas untuk melakukan pembinaan, tanggung jawab pengelolaan, dan pengembangan olahraga dalam meraih prestasi ini," tegasnya.

"Tentu ini tidak hanya sekedar prestasi olahraga saja, tetapi bagaimana kedisiplinan dan kepatuhan terhadap aturan yang ada sebagai penanggung jawab. Ini harus benar benar menjadi sebuah kedisiplinan yang harus ditaati dan dilaksanakan dengan sebaik baiknya," sambungnya.

Perlu diketahui, dari 10 medali yang diraih, 4 mendali perak didapatkan dari cabor balap sepeda criterium race putra, cabor catur mix cepat putra, cabor binaraga sport physique up to 170 cm putra dan cabor paralayang lintas alam beregu putri.

Ada pula 5 medali perunggu yang didapatkan dari cabor petanque double mix dan double putra, cabor senam artistik putra, cabor anggar beregu putri serta cabor tenis lapangan tunggal putra dan ganda putra. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV