SUARA INDONESIA

Forum Guru Olahraga Diharapkan Mampu Bangkitkan Kejayaan Sidoarjo di Level Nasional

Amrizal Zulkarnain - 20 February 2024 | 18:02 - Dibaca 2.57k kali
Olahraga Forum Guru Olahraga Diharapkan Mampu Bangkitkan Kejayaan Sidoarjo di Level Nasional
Foto bersama pengurus FKKG PJOK SD masa bakti 2024-2027, bersama Kepala Disdikbud Kabupaten Sidoarjo, Tirto Adi. (Foto: Rizal/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Tirto Adi, mengukuhkan Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar (SD) masa bakti 2024-2027.

Pengukuhan tersebut berlangsung di Aula Disdikbud Kabupaten Sidoarjo, Selasa (20/2/2024). Hadir dalam acara tersebut adalah para pengurus FKKG PJOK SD Sidoarjo.

Tirto Adi mengungkapkan harapannya agar para guru PJOK dapat menjadi andalan Sidoarjo dalam dunia olahraga, khususnya dalam event-event seperti Liga Pelajar Indonesia (LPI) yang saat ini dijalankan dalam cabang olahraga sepakbola.

Menyamakan event dengan nama Gala Siswa Indonesia (GSI), Tirto berharap, Sidoarjo dapat mengulang kejayaannya pada tahun 2018 yang berhasil menjadi juara tingkat nasional dan mewakili Indonesia di Napoli, Italia.

Dukungan untuk event GSI juga datang dari Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), yang meminta Sidoarjo menjadi tuan rumah pada event GSI tahun 2024.

Selain itu, FKKG PJOK SD Sidoarjo juga akan terlibat dalam event nasional lainnya seperti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), di mana para guru PJOK diharapkan dapat menciptakan generasi penerus yang terampil dalam berbagai cabang olahraga.

Pasca pengukuhan, FKKG akan menjalankan program kegiatan yang telah direncanakan bersama, termasuk mengembangkan jaringan dengan klub-klub olahraga di Kabupaten Sidoarjo.

Sementara itu, Ketua FKKG PJOK Sidoarjo, Sukadi, menegaskan bahwa banyak pekerjaan rumah yang harus dijalankan oleh FKKG PJOK, terutama dalam menghadapi event Liga Pelajar Indonesia (LPI).

Dalam pernyataannya, Sukadi juga mengajak para pengurus baru, terutama yang masih muda, untuk memberikan inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan serta memajukan FKKG PJOK.

"Dengan kehadiran pengurus baru yang mayoritas muda, kami yakin FKKG PJOK dapat berjalan lebih optimal dan solid dalam menjalankan program kegiatan," ujar Sukadi.

Selain fokus pada event LPI, Sukadi juga berencana menjalankan event-event di luar kedinasan seperti liga-liga olahraga lainnya, sebagai upaya untuk memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga.

"Saat ini prioritas kami adalah menyukseskan gelaran LPI yang sudah direncanakan. Namun, kami juga akan terlibat dalam kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang sudah terjadwal," tambahnya.

Setelah selesai dengan O2SN, FKKG PJOK Sidoarjo akan menggelar liga voli pelajar SD sebagai langkah untuk terus mendukung pengembangan olahraga di kalangan pelajar. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV