SUARA INDONESIA

Gareth Southgate Percayakan Trent Alexander-Arnold sebagai Gelandang Tengah di Euro 2024

Aditya - 11 June 2024 | 18:06 - Dibaca 776 kali
Olahraga Gareth Southgate Percayakan Trent Alexander-Arnold sebagai Gelandang Tengah di Euro 2024
Trent Alexander-Arnold/(instagram/@trentarnold66)

SUARA INDONESIA, BANJAR MASIN - Gareth Southgate, pelatih tim nasional Inggris, dilaporkan telah membuat keputusan besar terkait posisi Trent Alexander-Arnold untuk pertandingan pembuka Euro 2024 melawan Serbia.

Pemain Liverpool yang biasa bermain sebagai bek kanan ini akan diposisikan sebagai gelandang tengah, berduet dengan Declan Rice di lini tengah Inggris.

Selama 12 bulan terakhir, Alexander-Arnold sering ditempatkan sebagai gelandang karena kemampuan umpan panjangnya yang luar biasa.

Pada pertandingan persahabatan pertama Inggris bulan ini melawan Bosnia-Herzegovina, ia menunjukkan performa impresif dengan mencetak gol voli yang menakjubkan dan memberikan umpan silang luar biasa kepada Jack Grealish yang menjadi viral di media sosial.

Meskipun sempat menjadi cadangan pada pertandingan melawan Islandia, Alexander-Arnold menunjukkan performa solid sebagai pemain pengganti di babak kedua, menciptakan tiga peluang dari posisi bek kanan.

Hal ini semakin memperkuat klaimnya untuk posisi starter di laga pembuka Grup C Euro 2024 melawan Serbia.

Lebih lanjut, pemberian nomor punggung delapan kepada Alexander-Arnold, nomor yang biasanya dikenakan oleh gelandang tengah, menegaskan niat Southgate untuk menempatkannya di lini tengah.

Nomor ini sebelumnya dipakai oleh pemain-pemain seperti Jude Bellingham dan Jordan Henderson.

Menurut laporan, Alexander-Arnold akan berpasangan dengan Declan Rice, dan keduanya akan bermain di belakang Bellingham yang ditempatkan sebagai gelandang serang jika kondisi fisiknya memungkinkan.

Dengan Alexander-Arnold di lini tengah, Kyle Walker dipastikan akan mengisi posisi bek kanan, sementara Kieran Trippier akan bermain sebagai bek kiri.

Meskipun keputusan terkait Alexander-Arnold dan Rice sudah ditetapkan, Southgate masih menghadapi beberapa dilema terkait pemilihan pemain di lini belakang dan depan.

Cedera yang menimpa John Stones dan Marc Guehi pada pertandingan melawan Islandia sempat menimbulkan kekhawatiran, namun keduanya diperkirakan akan fit untuk bertanding melawan Serbia. 

Selain itu, absennya Harry Maguire membuat Stones dan Guehi menjadi pasangan utama di depan kiper Jordan Pickford.

Di lini serang, kondisi Bellingham, Bukayo Saka, dan Phil Foden masih belum pasti, membuka peluang bagi Cole Palmer dan Eberechi Eze untuk mendapatkan waktu bermain.

Pertandingan pembuka melawan Serbia juga diprediksi datang terlalu cepat bagi Luke Shaw yang baru pulih dari cedera panjang.

Shaw, yang belum bermain untuk Inggris selama 12 bulan terakhir, berharap bisa kembali berlatih penuh dalam waktu dekat.

Keputusan Southgate untuk menempatkan Trent Alexander-Arnold di lini tengah merupakan langkah berani yang menunjukkan kepercayaan pada kemampuan serba bisa pemain Liverpool ini.

Dengan kombinasi kekuatan defensif dan kemampuan umpan, Alexander-Arnold diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi Inggris di Euro 2024.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV