SUARA INDONESIA

Seluruh OPD Pemkab Situbondo Semarakkan Festival Ancak Agung

Syamsuri - 19 October 2022 | 18:10 - Dibaca 803 kali
Pemerintahan Seluruh OPD Pemkab Situbondo Semarakkan Festival Ancak Agung
Bupati Situbondo didampingi KetuaTP PKK, Ketua MUI, Waka Polres, Melepas peserta Kirab Ancak Agung. ( Foto : Syamsuri/ Suara Indonesia) 

SITUBONDO - Untuk menyemarakkan Maulid Nabi Muhammad SAW, ratusan ancak berisi beragam isi buah, makanan, bentuk dan ukuran dikirab dari Depan Kantor Bupati Situbondo di Jalan PB Sudirman menuju Depan Mesjid Agung Al Abror Situbondo.Rabu (19/10/2022) siang. 

Ancak-ancak itu dihias hingga terlihat unik dan menarik. Selain aneka ragam buah-buahan, ancak agung juga dipasang dengan berbagai hasil bumi.

Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Situbondo melaksanakan kegiatan kirab ancak Agung dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, satu abad NU sekaligus memperingati hari Santri di Kabupaten Situbondo. 

Sehingga berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan secara terkoordinasi dengan baik bersama PCNU Situbondo, kata Bung Karna panggilan akrabnya. 

Kegiatan kirab ancak Agung ini adalah merupakan bagian dari pelaksanaan Pekan Sholawat Nusantara atau yang lebih dikenal dengan julukan Pesona. 

Pemkab Situbondo sangat mengapresiasi dan gembira manakala masyarakat di Kabupaten Situbondo secara keseluruhan merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

Mengapa, karena dengan memperingati kelahiran Nabi Muhammad, kita secara Otomatis akan senang untuk bersholawat dan tumbuh kecintaan kita pada Nabi Muhammad SAW.

"Ketika kita cinta ini tumbuh, maka tentu saja taqwa kita kepada Allah SWT, akan semakin meningkat," jelasnya. 

Kata Bupati, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, itu sama saja dengan mengecas HP yang baterainya mulai habis, ketika dicas maka HP itu baterainya akan terisi dengan penuh. 

Kalau kita cintanya sudah mulai luntur banyak banyaklah bersholawat, Insya Allah cintanya akan tumbuh lagi.

"Oleh karena itu, saya berharap pelaksanaan diberbagai event yang dilakukan oleh Pemkab Situbondo ini akan bisa menarik perhatian dari masyarakat khususnya  kabupaten lain untuk berkunjung ke Kabupaten Situbondo," terang Bung Karna

"Ketika banyak masyarakat  luar datang ke Situbondo, maka secara otomatis  perputaran ekonomi kita ini semakin baik dan bertambah, ketika perputaran uang ini bertambah maka pertumbuhan ekonomi masyarakat akan tumbuh dengan  pesat," sambungnya. 

Menurut Bupati, Pelaksanaan kegiatan Pesona ini akan dimulai dari tanggal 20 - 25 Oktober 2022, dan pesertanya diikuti dari berbagai kota di Indonesia.

Dalam momentum kita bisa membuktikan, bahwa masyarakat Situbondo cinta terhadap Sholawat dan secara otomatis  juga cinta kepada Nabi Muhammad SAW, imbuh Bung Karna.

Kegiatan ini juga akan kita jadikan kalender tahunan Pemkab Situbondo." Bahkan nanti di tanggal 26 Nopember 2022 kita ini juga memiliki gawe yang lebih besar lagi yang kita namakan SOP ( Situbondo Of Nex vestival) yang akan diikuti dari berbagai provinsi se Indonesia," bebernya. 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, akan berlangsung selama tujuh hari tujuh malam. Kegiatan Pesona ini tidak hanya digelar pada malam hari saja, akan tetapi dimulai sejak pagi hari. 

Untuk pagi hari lomba Sholawat ini diikuti oleh anak anak TK, Siang harinya dilanjutkan oleh siswa SD, dan pada sorenya  lomba Sholawat ini diikuti oleh siswa siswi SMP dan pada malamnya diikuti siswa siswi SMA, MA dan SMK.

Tujuannya tidak lain agar anak anak kita, mulai dari sejak kecil sudah ada rasa cinta terhadap Sholawat, sehingga saya dalam menanamkan Sholawat kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Situbondo. 

Lanjut Bupati, " Bukan hanya pada orang tuanya saja, akan tetapi kita tanamkan mulai dari kecil sudah kita didik untuk bisa cinta terhadap Sholawat, yang pada gilirannya nanti kita berharap juga cinta terhadap Nabi Muhammad SAW," harapnya. 

"Ini memang cara kami mendampingi masyarakat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.  Tujuannya tentu untuk meningkatkan kecintaan warga Situbondo kepada Rasulnya," katanya di sela sela sambutannya saat melepas kirab Ancak Agung.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah, Wawan Setiawan menyebutkan, festival ancak agung tahun 2022 ini diikuti kurang lebih sebanyak 1.500 orang terdiri dari Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Perbankan, OPD Dinas, Badan, RSUD dan 17 Kecamatan. 

Kata Wawan panggilan akrabnya, ancak agung yang dilombakan ini jumlahnya ratusan dan rata-rata berukuran jumbo itu dikirab sejauh sekitar 1 Km dari Jalan PB Soedirman, tepatnya di depan Kantor Bupati Situbondo.

Ada yang digotong ramai-ramai, ada yang dinaikkan gerobak, hingga dimuat kendaraan bak terbuka, menuju depan Mesjid Agung Al Abror Situbondo, tempat digelarnya Maulid Nabi Muhammad SAW, terang Wawan Setiawan 

"Ancak Agung ini untuk melestarikan tradisi masyarakat dalam merayakan Maulid Nabi. Ancak juga diisi dengan aneka buah-buahan dan hasil bumi, itu sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah yang telah melimpahkan hasil bumi," pungkasnya. (Syam)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024