SUARA INDONESIA

Suara Indonesia akan Gelar Pelatihan Jurnalistik Gratis untuk Mahasiswa

Lisa Asanul Farida - 11 November 2020 | 23:11 - Dibaca 2.20k kali
Pendidikan Suara Indonesia akan Gelar Pelatihan Jurnalistik Gratis untuk Mahasiswa
Ilustrasi

JEMBER - Media siber berjaringan suaraindonesia.co.id akan gelar pelatihan jurnalistik dan magang gratis bagi mahasiswa di Kabupaten Jember.

Menurut Direktur Utama Suaraindonesia.co.id Imam Khairon mengatakan, kegiatan itu digelar bertujuan untuk mengenalkan ilmu jurnalistik di lingkungan akademisi.

"Disamping mereka memiliki disiplin ilmu, nantinya mereka (mahasiswa) juga akan paham tentang jurnalistik atau kehumasan," sebut Imam, saat dikonfirmasi, Rabu (15/11/2020) saat dikonfirmasi lewat sambungan selulernya.

Imam juga mengakui, adapun alasan lain digelarnya pelatihan itu karena sulitnya mencari jurnalis yang memilki kapabilitas dan masih rendahnya peminat untuk menjadi jurnalis dibanding profesi lain.

"Suaraindonesia.co.id mencoba menjawab tantangan itu. Kaderisasi sangat penting. Mengapa, agar ada regenerasi," sebutnya.

Untuk tempat pelatihannya sendiri, kata Imam akan ditempatkan di Kampus Universitas Islam Jember selama dua hari.

"Acaranya akan kita adakan selama dua hari. Tanggal 15 sampai tanggal 16 Nopember 2020. Selebihnya, selama satu bulan akan dimagangkan dan lebih kepada praktek," ujarnnya.

"Kita sudah siapkan pemateri yang memang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya. Rata-rata sudah bersertifikat profesional," sambungnya menjelaskan.

Gelombang pertama, kata Imam jumlah pesertanya hanya dibatasi sebanyak 30 sampai 40 orang saja.

Meskipun begitu, kegiatan itu akan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana ditetapkan oleh pemeritah.

"Mengingat saat ini masih masa pademi, semua akan kita terapkan wajib cuci tangan dan pakai masker," ungkapnya.

Hingga hari ini, pendaftar yang masuk hampir 100 orang yang tersebar di 4 kabupaten. Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi dan Jember.

"Mereka berasal dari Unej, IAIN Jember, Unmuh Jember, Untag Banyuwangi, Universitas Bhakti Indonesia, STAI Attaqwa, IAI Ibrahimy Genteng . Bahkan ada yang dari IAIN Tulungagung dan UIN Malang," sebutnya.

Bagi yang tidak masuk gelombang pertama, Imam memastikan, nantinya akan diikutkan ke gelombang kedua.

"Kita akan tempatkan di Banyuwangi untuk golombang berikutnya. Kita masih akan menggandeng perguruan tinggi sekitar," lugasnya.

Pria yang pernah menempuh Pasca Sarjana IAIN Jember ini memastikan, nantinya bagi yang memiliki bakat dan dedikasi tinggi akan direkrut menjadi karyawan.

"Peserta akan diberi sertifikat. Sementara yang memilki potensi tentunya, akan direkrut untuk bekerja di suaraindonesia.co.id dan media partner lain di Kabupaten Jember," pungkasnya.

Kegiatan ini, disuport oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jember dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jawa Timur.

Ikut mendukung juga Universitas Islam Jember dan media partner, Kabar24.id, suarajatimpost.com serta Jemberpost.

Tidak ketinggalan Yayasan Dana Sosial Al-falah dan Lembaga Zakat Nurul Hayat Jember, juga ikut memberikan dukungan acara itu.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lisa Asanul Farida
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV