SUARA INDONESIA

Jangan Sampai Ditinggalkan, Inilah 9 Kerugian Jika Kita Meninggalkan Sholat Subuh

Ambang Hari - 19 November 2021 | 13:11
Pendidikan Jangan Sampai Ditinggalkan, Inilah 9 Kerugian Jika Kita Meninggalkan Sholat Subuh


SUARA INDONESIA — Melalaikan atau tidak melaksanakan Sholat Subuh termasuk dosa besar yang dapat mengantarkan seseorang kepada pada kekafiran. Tidak melaksanakan perintah Sholat Subuh juga akan memberi kerugian luar biasa bagi yang melakukannya.

Setidaknya ada 9 kerugian jika meninggalkan Sholat Subuh ini. Berikut penjelasan yang dikutip dari tulisan laman dakwah Ustadz Sodiq Fajar, yaitu :

 

1. Kebebasan Dari Sifat Munafik

"Sholat yang paling berat pelaksanaannya bagi orang munafik adalah shalat Isya dan shalat Subuh." (HR. Al-Bukhari)

 

2. Gagal Mendapat Salah Satu Sebab Masuk Surga/Jannah

"Barang siapa yang sholat bardain, maka ia akan masuk Jannah." (Muttafaq Alaih). Maksud dari al-Bardain adalah sholat Subuh dan Ashar".

 

3. Gagal Mendapat Salah Satu Sebab Selamat Dari Neraka

"Tidak akan masuk neraka seseorang yang shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya." (HR. Muslim No. 634). Maksudnya adalah shalat Subuh dan shalat Ashar.

 

4. Gagal Mendapat Bantuan Dan Penjagaan Dari Allah Subhanahu WaWataala

"Barang siapa yang melaksanakan sholat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah." (HR. Muslim No. 657)

 

 

5. Gagal Mendapat Pahala Qiyamul Lail Semalam Suntuk

"Barang siapa yang mengerjakan shalat Isya secara berjamaah maka seolah-olah ia mengerjakan qiyamul lail selama separuh malam, dan barang siapa yang shalat mengerjakan shalat Subuh secara berjamaah, maka seolah-olah ia mengerjakan qiyamul lail semalam suntuk." (HR. At-Tirmizi No. 221)

 

6. Rugi Gagal Berjumpa Dengan Malaikat Dan Namanya Tidak Ditulis Di Catatannya

"Di antara kalian ada malaikat yang bergantian di waktu malam dan siang, mereka berkumpul ketika shalat Fajar dan shalat Ashar, lantas malaikat yang bermalam naik dan Rabb mereka menanyai merekasekalipun Dia paling tahu terhadap merekabagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku? Jawab mereka; Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami datangi mereka juga dalam keadaan shalat." (HR. Al-Bukhari No. 7429).

 

7. Gagal Mendapat Cahaya Dan Penerangan Pada Hari Kiamat Kelak.

"Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan di kegelapan menuju masjid-masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat." (HR. Abu Daud No. 561. Status hadis hasan li ghairihi)

 

8. Gagal Mendapat Pahala Yang Setara Dengan Dunia Dan Seisinya

"Dua rakaat sholat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya." (HR. Muslim No. 725)

Maksud sholat fajar pada hadist ini adalah sholat fajar dua rakaat sebelum sholat subuh. Jika sholat fajar sebelum subuh saja pahalanya sebegitu besar, bagaimana dengan pahala sholat Subuh yang hukumnya wajib.

 

9. Kehilangan Berbagai Kebaikan, Berkah, Pahala, Dan Kebaikan

"Jika saja mereka mengetahui besarnya keutamaan pada sholat Atamah dan sholat Subuh, sungguh mereka tentu akan mendatanginya dengan merangkak." (HR. Al-Bukhari No. 615).

Maksud dari shalat Atamah adalah shalat Isya.

 

Hendaknya kita tetap melaksanakan seluruh Sholat Wajib yang telah diperintahkan dalam Agama Islam agar Allah SWT selalu memberikan syafaat dan hidayah nya terhadap hamba yang selalu taat akan perintahnya.

Pewarta : Ambang Hari
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV