SUARA INDONESIA

Sebanyak 2.040 Anak TK dan SD di Cilacap Ikuti Manasik Haji

Agus Sulistya - 15 June 2022 | 14:06
Pendidikan Sebanyak 2.040 Anak TK dan SD di Cilacap Ikuti Manasik Haji

CILACAP - Sebanyak 2.040 anak-anak dari tingkat Paud/TK/RA/KB dan SD kelas 1 se-Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mengikuti latihan manasik haji, Selasa (14/6/2022). 

Dengan mengenakan pakaian ihram, anak-anak tampak antuasias menjalankan serangkaian rukun haji sambil membaca talbiyah dan sebagainya dalam kegiatan itu. 

Diketahui, latihan manasik haji tersebut bertujuan untuk memperkenalkan tata cara ibadah haji sebagai rukun Islam ke-5 kepada anak usia dini. 

Dalam kesempatan itu, Bunda Paud Kabupaten Cilacap yang juga selaku Anggota Komisi II DPR RI, Tetty Rohatiningsih secara resmi membuka kegiatan manasik haji tersebut. 

Tetty mengapresiasi dan menilai positif kegiatan manasik haji yang diinisiasi oleh Korwil Bidik Kecamatan Karangpucung tersebut. 

"Ini penting sebagai pembentukan karakter dimulai dari pendidikan anak usia dini dalam rangka mendidik anak-anak tentang lima rukun Islam, khususnya ibadah haji," kata Bunda Paud Kabupaten Cilacap. 

Selain itu, lanjut dia, menjadikan anak-anak humble serta meningkatkan iman dan takwa mereka dengan harapan kegiatan tersebut dapat berkelanjutan seperti diadakannya kegiatan lomba adzan, murrotan dan lain sebagainya. 

"Yang penting pondasi anak-anak harus kita bangun agar keimanan dan ketakwaan mereka semakin bagus kedepannya," ujar Tetty. 

Sementara, Kepala Korwil Bidik Kecamatan Karangpucung Risdiyanto, menambahkan, bahwa latihan manasik haji tersebut untuk membentuk karakter anak agar memiliki kepribadian yang baik. 

"Ini juga sebagai pembekalan kepada anak terkait prosesi haji agar nantinya mereka memahami dan semoga adanya kegiatan ini menjadikan anak-anak kedepan soleh dan soleha," pungkasnya.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya