SUARA INDONESIA

Kampus Unesa Hadir di Magetan, Jadi Lompatan Peningkatan SDM Generasi Muda

Prabasonta - 30 April 2024 | 06:04 - Dibaca 1.51k kali
Pendidikan Kampus Unesa Hadir di Magetan, Jadi Lompatan Peningkatan SDM Generasi Muda
Ketua DPRD Sujatno Terlihat Sedang Menanam Pohon Tabebuya, Di Halaman Depan Sebelah Kiri Kampus Universitas Surabaya Di Magetan. ( Foto ; Ery P / SuaraIndonesia )

SUARA INDONESIA, MAGETAN - Kampus Universitas Surabaya (Unesa) sekarang telah berdiri di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Hal itu ditandai dengan penanaman ratusan pohon tabebuya yang berfungsi sebagai pencegah pemanasan global.

Mengambil tema menyemai benih kehidupan untuk menuai masa depan, hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Unesa Prof Nurhasan, Direktur Kampus di luar Kampus Utama Unesa Prof Sarmini, Pj Bupati Magetan Hergunadi, Ketua DPRD Sujatno, dan Forkopimda Kabupaten Magetan.

Hergunadi mengaku bersyukur atas berdirinya kampus Unesa. Karena dinilainya dapat meningkatkan SDM di Kabupaten Magetan ke depannya.

"Dengan adanya kampus, kami berharap bisa mengubah perilaku masyarakat tentang kesadaran dan perlunya untuk berpendidikan lebih tinggi,” katanya, Senin (29/4/2024) kemarin.

“Yang jelas Unesa pasti akan mengubah peradaban di Magetan, kami bersama DPRD diwakili oleh Bapak Ketua Sujatno siap untuk kerja sama dalam bentuk apapun," imbuhnya.

Rektor Unesa Prof Nurhasan menjelaskan, selama ini pihaknya melakukan koordinasi dengan semua pimpinan di daerah, terkait penyiapan SDM ke depan yang lebih baik, khususnya di Kabupaten Magetan.

Karena kampus ini didirikan untuk kepentingan akademis, serta bagaimana cara mengubah peradaban bangsa terutama di Kabupaten Magetan. “Dengan cara mindset harus berubah, kemudian berani dan bertarung dalam menghadapi di era global ini," jelasnya.

Langkah yang ditempuh tersebut, kata dia, juga sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo. Ketika dirinya bersama tujuh rektor diundang ke istana, presiden menyatakan akan mengonsentrasikan anggaran untuk pengembangan SDM.

"Dan meminta untuk dibuatkan formula yang jitu untuk SDM yang unggul, dalam rangka menyiapkan bonus demografi agar kita di 2045 jadi bangsa yang hebat. Untuk itu, kami diminta untuk menyiapkan dari hulu ke hilir," ucapnya.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Magetan Sujatno mengungkapkan, berdirinya kampus Unesa dinilainya membanggakan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Magetan. “Karena peningkatan SDM secara akademis bisa didapat lewat bangku kuliah," tuturnya.

Adanya Unesa disebutnya juga positif untuk membangun peradaban dan membentuk karakter manusia. Ke depan, Magetan bisa berdaya saing global, lalu menjadi kota yang modern.

“Sehingga perkembangan Magetan sesuai dengan harapan kita. Dan cita-cita untuk memajukan anak bangsa lewat pendidikan bisa tercapai," ujar Sujatno. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Prabasonta
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV