SUARA INDONESIA

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Buku Tematik Subtema 1 Halaman 81 84 87 Tentang Persebaran Agama di Indonesia

Tim - 31 July 2022 | 17:07
Pendidikan Kunci Jawaban Kelas 5 SD Buku Tematik Subtema 1 Halaman 81 84 87 Tentang Persebaran Agama di Indonesia

SUARA INDONESIA - Inilah kunci jawaban kelas 5 SD Buku Tematik Subtema 1 halaman 81 84 87 tentang Persebaran Agama di Indonesia.

Kunci jawaban kelas 5 SD tema1 halaman 81 84 87 ada dalam Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Simak kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD halaman 81 84 87 buku tematik subtema 2 yang membahas tentang persebaran agama di Indonesia.

Pada kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD halaman 81 84 87 buku tematik subtema 2 berikut dapat dijarikan sebagai contoh dalam pengerjaan soal.

Dikutip dari artikel inNalar.com "KUNCI JAWABAN Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 81 84 87 Buku Tematik Subtema 2 : Persebaran Agama di Indonesia"

Namun, bukan berarti siswa atau orang tua siswa dengan mudah menyalin. Sebaiknya siswa membuat tugasnya secara mandiri, bukan menyalin kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD halaman 81 84 87 buku tematik subtema 2 pada artikel ini.

Berikut ini adalah kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD halaman 81 84 87 buku tematik subtema 2.

Kunci jawaban halaman 81

Tema wawancara:

Wilayah Tempat Tinggalku adalah Indonesia Kecil

Hal yang menjadi perhatian:

a. Agama Penduduk

b. Suku penduduk

c. Tingkat ekonomi penduduk

d. Tingkat pendidikan penduduk

Jawaban:

Desaku yang Kaya

1. FISIK

a. Luas: Wilayah Desa Mulya Jaya adalah 5 km persegi.

b. Batas: Sebelah Utara adalah jalan raya, sebelah Timur adalah Desa Bukit Makmur, sebelah Barat adalah perkebunan PT Sawit Jaya, dan sebelah Barat Sungai Batanghari.

c. Kondisi Alam: Desa Mulya Jaya berada di dataran rendah. Terdiri dari 600 rumah tangga.

2. NON-FISIK

a. Agama penduduk: Berdasarkan hasil wawancara, seluruh penduduk Desa Mulya Jaya beragama Islam.

b. Suku penduduk: Suku warga Desa Mulya Jaya paling banyak adalah suku Jawa, disusul suku Minangkabau, dan Melayu.

c. Tingkat ekonomi penduduk: Tingkat ekonomi warga Desa Mulya Jaya termasuk kategori sedang hingga menengah. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani sawit, selebihnya sebagai pedagang, buruh atau berwirausaha.

d. Tingkat pendidikan penduduk: Tingkat pendidikan warga Desa Mulya Jaya sangat beragam. Mulai dari pendidikan terendah SD hingga doktor (S3).

Kunci jawaban halaman 84

Menjaga kerukunan beragama merupakan perilaku yang baik yang harus dilakukan oleh siapa pun. Hal tersebut juga mencerminkan penerapan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila Pancasila, terutama Sila Ketuhanan Yang Maha Esa.

Ayo Mencoba

Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang berbeda satu sama lain. Sekarang bersama dengan temanmu bandingkan nilai-nilai luhur setiap sila damam Pancasila.

Sila I: Bebas memeluk agama dan menjalankan ibadah, rajin beribadah, tidak memaksakan agama kepada orang lain, menghargai orang lain yang sedang beribadah dan merayakan hari besar agamanya.

Sila II: Berteman tanpa membeda-bedakan latar belakang sosialnya, berlaku adil dalam memecahkan masalah, membantu orang yang membutuhkan pertolongan, dan peduli terharap orang di sekitar.

Sila III: Bergotong-royong, kerja kelompok, mencintai tanah air Indonesia, dan bangga dengan produk buatan dalam negeri.

Sila IV: Berdiskusi, bermusyawarah untuk mencapai kesepakatan, pemilihan ketua kelas, menghargai pendapat orang lain, dan tidak memaksakan kehendak individu di atas kepentingan bersama.

Sila V: Memiliki kedudukan yang setara di mata hukum, tidak merugikan hak orang lain, dan menggunakan fasilitas umum dengan baik dan bijak.

Kunci jawaban halaman 87

Ayo Renungkan

Dengan mempelajari kondisi kependudukan dan geografis alam Indonesia, kita makin bangga dan bersyukur menjadi warga negara Indonesia.

Sudahkah kamu mencintai bangsamu? Tuliskan sikap dan perilakumu yang menunjukkan bahwa kamu cinta tanah air.

Jawaban:

Rutin dan semangat mengikuti upacara bendera setiap hari Senin pagi di sekolah.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah pendapat orang tuamu mengenai perilaku-perilaku orang-orang di wilayah tempat tinggalmu. Adakah perilaku mereka yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila?

Jawaban:

Ada, tidak menghargai pendapat orang lain ketika bermusyawarah.***(Ida Purnama Sari/inNalar.com)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya