SUARA INDONESIA

Hardiknas 2023 Bupati Fauzi Komitmen Dorong Pemerataan Akses Pendidikan di Wilayah Kepulauan 

Wildan Mukhlishah Sy - 02 May 2023 | 11:05 - Dibaca 2.37k kali
Pendidikan Hardiknas 2023 Bupati Fauzi Komitmen Dorong Pemerataan Akses Pendidikan di Wilayah Kepulauan 
Bupati Sumenep Achmad Fauzi, saat memberikan sambutan pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023. Foto: Istimewa

SUMENEP- Bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, Bupati Sumenep Achmad Fauzi kembali menegaskan komitmennya untuk terus mendorong pemerataan akses pendidikan di seluruh daerah Sumenep, khususnya wilayah kepulauan.

Menurutnya, wilayah kepulauan memiliki jarak yang cukup jauh dari daratan, sehingga dalam pemerataan pendidikan bagi warganya, tentu mengalami keterbatasan, baik dalam akses maupun sumber daya manusia (SDM) pengajarnya. 

"Wilayah kepulauan ini kan sangat jauh, tentu memiliki berbagai keterbatasan. Terlebih dalam hal teknologi," jelasnya, saat dikonfirmasi sejumlah media usai memimpin upacara Hardiknas 2023, Selasa (2/5/2023). 

Untuk itu, Pemkab Sumenep mengaku siap dan akan terus berupaya menghadirkan sejumlah langkah-langkah kongkret, dalam mendorong pengembangan pendidikan di kepulauan.

Salah satu yang saat ini menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, yakni adalah akses jaringan internet.

Bahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat mengenai hal tersebut. 

"Nah ini yang akan kita upayakan selama ini. Bagaimana teknologi seperti pemancar dapat merata di wilayah kepulauan, ini sudah kami koordinasikan dengan pemerintah pusat," kata Bupati. 

Meski keinginannya memerlukan waktu lama dan proses yang tidak mudah, namun Fauzi menyatakan hal itu tak akan pernah menyurutkan tekadnya demi memberikan pendidikan yang layak dan merata bagi masyarakat Sumenep. 

Ia menekankan, bahwa seluruh warga Sumenep memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Tanpa memandang status sosial, kepulauan atau perkotaan dan gender. 

"Untuk semangat pengembangan pendidikan kita sama, artinya tidak akan pernah ada kesenjangan terkait dengan pendidikan. Semua masyarakat di sumenep memiliki hak sama untuk mendapatkan pendidikan," ucapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Sumenep itu juga memberikan motivasi kepada para tenaga pendidik yang mengajar di wilayah kepulauan, untuk terus mengabdikan dirinya pada bangsa dan negara, serta semangat dalam mencetak generasi penerus masa depan. 

"Saya harap, untuk teman-teman guru yang mengajar di kepulauan, mereka harus terus semangat, untuk mengabdikan dirinya pada bangsa dan negara. Demi memberikan pendidikan yang baik pada siswanya," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV