SUARA INDONESIA

Hebat! Siswa SMAN I Situbondo ini Lolos Jurusan Kedokteran di Universitas Negeri Tanpa Tes

Syamsuri - 17 May 2023 | 15:05 - Dibaca 9.07k kali
Pendidikan Hebat! Siswa SMAN I Situbondo ini Lolos Jurusan Kedokteran di Universitas Negeri Tanpa Tes
Syarif Husein Al Muhda, Siswa SMAN I Situbondo (Kanan) (Foto : Syamsuri/suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO - Syarif Husein Al Muhdar salah seorang siswa SMAN 1 (SMASA) Situbondo diterima lewat jalur undangan jurusan Kedokteran di Universitas Negeri Airlangga Surabaya.

Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kepala Sekolah, guru dan keluarga besar SMAN 1 Situbondo. 

Syarif Husein Al Muhdar saat dikonfirmasi di Ruang Kepala Sekolah SMASA Situbondo, mengatakan, dari kurang lebih 1000 siswa se-Indonesia yang mendaftarkan diri ke Universitas Erlangga Surabaya jurusan kedokteran, yang diterima hanya 60 siswa, salah satunya dirinya. 

"Tentu ini salah satu kebahagiaan bagi saya dan keluarga besar SMAN 1 Situbondo," ungkap Syarif. 

Hal itu dikarenakan satu-satunya siswa di Situbondo yang baru saja lulus di tahun 2023, namun ia diterima melalui jalur undangan tanpa tes untuk masuk jurusan kedokteran di Universitas Airlangga. 

Kata siswa yang akrab disapa Syarif, untuk jalur undangan tersebut, cukup melampirkan sertifikat prestasi olimpiade kejuaran OSN juara II di kelas X dan juara I di kelas XI tingkat Kabupaten.

"Sertifikat ini yang saya lampirkan saat mendaftar. Selanjutnya melampirkan kejuaran second Liner Up di Malaysia dengan mendapatkan medali perunggu di kejuaraan se-Asia Tenggara. Saya juga melampirkan nilai raport dari semester I sampai semester akhir," bebernya.

Menurut Syarif, dengan keberhasilannya itu, bisa membawa nama harum kota Situbondo, khususnya lembaga SMAN I Situbondo di mata luar daerah. 

"Tentu dengan keberhasilan ini, saya merasa bangga karena bisa membahagiakan kedua orang tua yang menyekolahkan saya sejak mulai kecil tidak sia- sia," ujarnya. 

Syarif mengaku, memilih kuliah jurusan kedokteran dikarenakan latar belakang keluarganya ada yang berprofesi menjadi seorang dokter. 

"Tertariknya saya memilih jurusan kedokteran ini karena latar belakang keluarga saya ada yang menjadi dokter," tuturnya. 

Ia menambahkan, untuk bisa lulus di jurusan Kedokteran di Universitas Erlangga Surabaya tidak hanya cukup melampirkan prestasi akademik saja, namun juga melampirkan prestasi non akademik yakni sebagai duta generasi berencana (Genre) Kabupaten Situbondo. 

Kepala SMASA, Martha Mila Sughesti, S.Pd, S.S , M.Pd, saat dikonfirmasi menyatakan apresiasi dan mendukung apa yang menjadi cita-cita siswa SMAN I situbondo.

Hal itu dilakukan dengan cara memfasilitasi semua kebutuhan siswa apabila dibutuhkan. 

"Tentu prestasi ini harus dimulai dulu dari Kepala Sekolah dan gurunya, sehingga siswa ini bisa termotivasi untuk bisa berlomba-lomba mendapatkan prestasi serupa," jelasnya.

Martha berharap seluruh siswa di SMAN I Situbondo tidak hanya jadi jagoan di kandangnya saja, tetapi harus bisa meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional. 

"Alhamdulillah saat saya memimpin di SMAN I Situbondo sudah ada kurang lebih 400 penghargaan yang sudah didapat, selain itu siswa yang baru lulus sekolah ini ada 54 siswa di berbagai jurusan diterima di Perguruan Tinggi Negeri," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV