SUARA INDONESIA

Pemkab Tuban Luncurkan Bus Sekolah Gratis Ramah Disabilitas

Irqam - 06 February 2024 | 19:02 - Dibaca 3.53k kali
Pendidikan Pemkab Tuban Luncurkan Bus Sekolah Gratis Ramah Disabilitas
Pemkab Tuban, Jawa Timur, meluncurkan 10 bus sekolah Si Mas Ganteng yang ramah disabilitas di Halaman Pemkab Tuban. (Foto: Irqam/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, TUBAN - Pemkab Tuban, Jawa Timur, meluncurkan bus untuk melayani transportasi para pelajar secara gratis, Selasa (6/02/2024). Sebanyak 10 bus akan melayani perjalanan sepuluh rute yang melintasi beberapa daerah di Tuban.

Peluncuran bus yang dipimpin langsung oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky di Halaman Kantor Pemkab Tuban ini, merupakan program Transportasi Masyarakat Tuban yang Elegan Aman Nyaman dan Terintegrasi atau Si Mas Ganteng.

Progam ini sebagai komitmen Pemkab Tuban untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di kabupaten setempat. Nantinya, para pelajar yang pulang-pergi dari rumah ke sekolah bisa menaiki bus secara gratis.

"Program transportasi gratis ini untuk pelajar atau siswa-siswi sekolah negeri maupun swasta di Tuban," ujar Aditya Halindra Faridzky.

Bupati Tuban yang akrab disapa Mas Lindra ini menyebut, bus Si Mas Ganteng adalah transportasi inklusi. Sehingga bagi penyandang disabilitas bisa mengakses bus tersebut dengan nyaman.

Selain itu, bus berkapasitas sekitar 40 orang ini juga diperuntukkan bagi masyarakat umum di atas jam berangkat sekolah dengan dipungut biaya menggunakan sistem e-money.

"Jadi bus ini sudah ramah difabel sehingga bagi teman-teman penyandang disabilitas juga bisa memanfaatkan. Ini juga transportasi untuk masyarakat umum dan nanti bus ini tujuannya juga untuk pariwisata," terang Mas Lindra.

Adapun sepuluh rute bus Si Mas Ganteng itu adalah Tuban Kota, Jatirogo - Kenduruan, Senori- Bangilan- Singgahan, Widang - Tuban, Senori- Saringembat- Singgahan, Klotok - Prambon - Plumpang, Rengel-Soko -Parengan, Tambakboyo - Kerek - Merakurak dan Grabagan -Rengel.

"Kami berharap, pelajar dan orang tua benar-benar terbantu dengan adanya bus sekolah gratis ini," imbuhnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban Bambang Irawan menambahkan, bagi pelajar ingin menggunakan fasilitas bus sekolah itu bisa mengunduh aplikasi Si Mas Ganteng di Google Play Store.

"Nanti setiap sekolah mendaftarkan para siswanya di aplikasi itu. Kemudian para pelajar bisa mengakses atau menggunakan bus sekolah ini menggunakan aplikasi tersebut," pungkasnya.

Sekadar diketahui total anggaran untuk 10 bus Si Mas Ganteng ini, Pemkab Tuban menganggarkan sekitar 13 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari APBD 2024. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV