SUARA INDONESIA

Unjuk Kreativitas, SMP Pius Cilacap Suguhkan Pameran Lukisan Karya Siswa

Satria Galih Saputra - 19 June 2024 | 07:06 - Dibaca 757 kali
Pendidikan Unjuk Kreativitas, SMP Pius Cilacap Suguhkan Pameran Lukisan Karya Siswa
Sejumlah siswa saat melihat pameran lukisan di Aula SMP Pius Cilacap. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - SMP Pius Cilacap menggelar pameran lukisan bertajuk "Art Xploration. Ada yang menarik, dimana lukisan yang dipamerkan di aula sekolah tersebut merupakan hasil karya siswa-siswi kelas 9 yang memiliki bakat melukis. 

Adapun pameran lukisan tersebut digelar dari tanggal 18-21 Juni 2024, dan dibuka untuk pelajar dari luar SMP Pius serta masyarakat umum.

Ketua Panitia Jeane Charlota Putri sia mengatakan, ada sebanyak 43 lukisan yang dipamerkan, dan beragam yang penuh dengan inovasi dan imajinasi mulai dari pemandangan alam, super hero dan lainnya.

Selain lukisan, ada pula sejumlah karya seni buatan siswa yang turut ditampilkan seperti miniatur kapan dan maket pengembangan kawasan teluk penyu. "Ini dibuat dari tangan siswa," ujar siswi kelas 9 SMP Pius Cilacap ini saat ditemui, Selasa (18/6/2024).

"Dan pameran ini kan sudah ada dari tahun-tahun lalu, semoga di tahun berikutnya tetap ada ya karena selain memperkenalkan karya seni kepada siswa lain, juga wujud nyata kreativitas dari siswa-siswi SMP Pius Cilacap dalam bidang seni," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMP Pius Cilacap Thomas Sutasman mengaku pameran lukisan tersebut sudah kesekian kalinya digelar pihak sekolah dengan tujuan memberikan sarana bagi siswa untuk mengekspresikan diri mereka.

"Melalui kegiatan ini, kami juga ingin melihat bagaimana potensi dan kreativitas anak-anak ini, khususnya pada seni lukis. Dan ini merupakan bagian dari visi misi SMP Pius Cilacap dalam pengembangan bakat siswa," ujar Thomas.

Ia memastikan pameran ini akan tetap dilanjutkan dan bisa menampilkan hasil kurasi yang lebih baik lagi. "Harapan saya tidak hanya SMP Pius Cilacap yang bisa mengadakan pameran ini, tapi sekolah lain pun juga bisa mengikuti seperti ini," kata Thomas.

Menurut Thomas, hal itu sangatlah baik untuk mengembangkan sisi manusiawi, khususnya anak muda yang memiliki jiwa seni di Kabupaten Cilacap.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut, pihak sekolah turut mengundang salah satu seniman lukis kawakan di Kabupaten Cilacap Suhadi Gembot untuk melihat hasil karya seni para siswa.

Mbah Gembot sapaan akrab Suhadi Gembot ini mengaku kagum dengan potensi yang dimiliki siswa SMP Pius Cilacap, khususnya dalam seni lukis.

"Dari tahun ke tahun saya melihat tambah asyik dan bagus, luar biasa sekali bakat anak-anak SMP Pius Cilacap ini. Tentu saya sangat mendukung. Intinya teruslah berkarya, dan mungkin kedepannya perlu dikonsep lagi agar lukisannya tambah bagus lagi," ujarnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV