SUARA INDONESIA

HUT ke-79 TNI, Anggota Koramil Kabuh Jombang Ajarkan Tari Remo ke Siswa SD

Gono Dwi Santoso - 05 October 2024 | 15:10 - Dibaca 157 kali
Pendidikan HUT ke-79 TNI, Anggota Koramil Kabuh Jombang Ajarkan Tari Remo ke Siswa SD
Serma Raman saat mengajari siswa SDN Karangpakis 2 Kabuh Kabupaten Jombang menari Remo, Sabtu (05/10/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Di momentum peringatan HUT ke-79 TNI, anggota Koramil Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Serma Raman, mengajarkan tari Remo ke siswa SDN Karangpakis 2, Sabtu (05/10/2024). Remo merupakan tarian tradisional asal Jombang, Jawa Timur.

Pantauan di lokasi, puluhan siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang diajarkan oleh Babinsa Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, tersebut.

Puluhan siswa berbaris berjajar menyimak setiap alunan musik dan gerakan tari Remo. Saat ikut menari yang dipandu oleh Serma Raman, para siswa terlihat cukup lihai. Maklum, karena latihan ini tidak hanya sekali ini saja, tapi sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu.

Azizah, salah satu siswi SDN Karangpakis 2, mengaku belajar tari Remo sudah empat bulan belakangan, sehingga sekarang ia sudah bisa mengikuti gerakan tari yang biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu tersebut.

"Pernah ikut kejuaraan tari Remo. Alhamdulillah, juara dua. Saya sangat senang bisa belajar tari Remo. Pak Raman juga sangat telaten dan sabar dalam melatih," terangnya.

Sementara itu, Serma Raman menuturkan, sebelum melatih tari, ia ke kantor Koramil dulu untuk berdinas. Setelah menyelesaikan tugas kantor, ia bergegas ke sekolah untuk mengajar menari.

"Siswa tidak dipungut biaya. Saya sangat senang anak-anak antusias belajar tari Remo. Pesan saya, meski ada dance (tari modern), tapi tari Remo (tradisional) jangan sampai dilupakan, karena ini warisan budaya nenek moyang kita yang harus dilestarikan," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV