SUARA INDONESIA

Kasus Covid-19 Terus Menurun, Pemkab Lamongan Genjot Pemulihan Ekonomi

M Nur Ali Zulfikar - 21 October 2020 | 15:10 - Dibaca 771 kali
Peristiwa Daerah Kasus Covid-19 Terus Menurun, Pemkab Lamongan Genjot Pemulihan Ekonomi
Bupati Fadeli menerima sampel produk UMKM Lamongan

LAMONGAN - Kasus persebaran Covid - 19 di Kabupaten Lamongan terus menunjukkan tren penurunan. Bahkan saat ini sudah berubah dari zona orange menjadi zona kuning. 

Hal itu tercapai berkat kerja keras dari seluruh elemen masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Satgas pengendalian Covid-19 Lamongan juga terus menggelar operasi yustisi.

Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, beberapa sektor usaha di Kabupaten Lamongan masih bisa bertahan. Diantaranya sektor tekstil dan produk tekstil, sektor kimia, farmasi, alat kesehatan, sektor makanan dan minuman serta jasa telekomunikasi dan jasa logistik.

“Alhamdulillah, penyebaran covid-19 di Kabupaten Lamongan dalam minggu ini mengalami penurunan, saat ini sudah memasuki zona kuning. Kedepannya saya berharap hasilnya lebih baik lagi, dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” ujar Bupati Fadeli saat menghadiri acara Temu Usaha Koperasi Usaha Mikro Dengan Dunia Usaha yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lamongan di Grand Hotel Mahkota, Rabu, (21/10/2020), siang.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya, tetap bertahan saat pandemi seperti ini. Saya meminta Dinas Koperasi untuk terus sosialisasi dan menjembatani keinginan pelaku usaha sebagai upaya memulihkan ekonomi nasional," tambahnya

Fadeli mengungkapkan, ada kurang lebih 230 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lamongan, yang mulai bangkit dengan pemasaran daring. 

Sekitar 400 pelaku UMKM juga telah menerima bantuan Pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). "Itulah yang membuat Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro memfasilitasi kegiatan ini. Dengan tujuan untuk menggejot pemulihan ekonomi," ungkap orang nomor satu di Kabupaten Lamongan ini.

Sebagai upaya mendukung pertumbuhan usaha, para pelaku UMKM diberikan ilmu dan praktek untuk melakukan ekspor produk. Para Narasumber handal diundang untuk melatih pelaku UMKM. 

Para pemateri diantaranya dari Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Wahyu Kusuma Hadi dan Kepala Bidang Perdagangan Internasional Dinas Prindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan, Choiruddin.

Dalam paparannya, Choirudin mengatakan, berbagai fasilitas telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk pelaku UMKM. Seperti di aspek legalitas, pembinaan, sarana prasarana dan permodalan. 

"Sebelum memutuskan untuk ekspor pelaku usaha dapat mempelajari regulasi produk ekspor terlebih dahulu melalui EXIM.KEMENDAG.GO.ID; MACMAP.ORG; dan e-ska.kemedag.go.id/home.php/home/preferensi," terangnya

“Berbagai fasilitasi layanan disediakan oleh pemkab, seperti layanan pengurusan P-IRT secara gratis, pendaftaran merek dan sertifikasi halal juga gratis. Sedangkan untuk pembinaan kami mengemasnya dalam bentuk pelatihan ketrampilan bagi calon wirausaha baru, pembinaan manajemen bagi pelaku existing hingga studi tiru ke luar daerah terkait teknis maupun manajemen pemasaran," sambungny

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Lamongan juga berupaya dalam fasilitasi pemasaran dalam bentuk media promosi, menyediakan showroom, mengikutsertakan berbagai pameran dalam skala lokal hingga internasional, bekerjasama dengan marketplace serta sinkronisasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Media promosi yang kami gunakan disini seperti baliho, event, website dan medsos. Sedangkan showroom kami tersebar di kantor-kantor dinas, seperti Kantor Bupati, kantor Pemkab, di WBL dan Anjungan Jawa Timur di TMII Jakarta. Sementara marketplace yang telah bekerja sama dengan kami saat ini ada bukalapak dan Bank Jatim. Tentunya semua program fasilitasi tersebut telah kami sinkronkan dengan program-program yang ada di Kementrian maupun provinsi," tegasnya

Dengan diselenggarakan kegiatan ini, harapannya produktivitas terus meningkat, kualitas produk dan performa meningkat, pemasaran dapat meluas dan hasil akhirnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lamongan juga turut meningkat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV