SUARA INDONESIA

Puluhan Pendekar PSHT Purworejo Bantu Masyarakat Bersihkan Bekas Tanah Longsor

- 16 January 2021 | 10:01 - Dibaca 3.68k kali
Peristiwa Daerah Puluhan Pendekar PSHT Purworejo Bantu Masyarakat Bersihkan Bekas Tanah Longsor
Tampak Para Warga PSHT Sedang Membantu Bersihkan Material Longsoran (Foto: Agus/Suaraindonesia)

PURWOREJO - Ditengah banyaknya bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo, puluhan pendekar dari organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Purworejo melakukan Bakti Sosial (Baksos) untuk membantu masyarakat membersihkan material akibat bencana longsor di Dusun Cikuning, Desa Hargorejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (15/01/2021).

Agus Susanto, Ketua  Kegiatan PSHT Purworejo mengatakan, PSHT merupakan organisasi pencak silat yang tergabung dalam IPSI (Ikatan Pencak Indonesia), menjadi salah satu organisasi pencak silat cukup besar di Indonesia bahkan sudah mendunia.

Selain kegiatan olah raga beladiri tradisional kata Agus, secara rutin dan periodik PSHT juga melakukan aksi sosial dan bakti sosial.

"PSHT bukan hanya sekedar olah raga beladiri tradisional, tetapi lebih luas dari itu, selalu menanamkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dalam kerangka NKRI dan mengejawantahkan Pancasila di dalam program internalisasi anggota," terangnya.


Rapat koordinasi Sebelum Melakikan Aksi Baksos oleh PSHT Purworejo.(Foto : Agus/Suaraindonesia.co.id)


Lebih lanjut Agus menambahkan, untuk jumlah anggota atau warga PSHT di Kabupaten Purworejo mencapai 500 warga yang sebagian besar siswa SMP, SMA serta masyarakat yang tersebar di setiap Kecamatan.

"Kami juga melakukan Aksos dan Baksos ketika terjadi bencana alam, seperti kegiatan yang dilakukan di Dusun Cikuning, Desa Hargorejo, PSHT menurunkan 50 warganya yang tergabung dalam Korlap (Koordinator Lapangan) membantu warga yg terkena musibah tanah longsor dengan warga desa bergotong royong membersihkan lumpur sisa-sisa longsor," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Cikuning, Atik mengapresiasi dan berharap langkah yang dilakukan oleh para warga PSHT tersebut bisa berkelanjutan.

"Saya merasa bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian PSHT cabang Purworejo dan berharap kegiatan sosial ini berkelanjutan," harap Atik.

Selanjutnya, Dewan Pertimbangan PSHT Purworejo, mengungkapan, pada bulan Desember 2020 kemarin PSHT Purworejo juga melakukan aksi sosial donor darah massal yang bekerja sama dengan PMI Purworejo.

"Kami juga mengagendakan pada bulan Maret mendatang akan melakukan kegiatan aksi sosial donor darah massal untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," tutupnya. (Agus.S)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV