SUARA INDONESIA

Mudik Pulau Bawean Melonjak, Kapal Penyeberangan Ditambah

Syaifuddin Anam - 04 May 2021 | 14:05
Peristiwa Daerah Mudik Pulau Bawean Melonjak, Kapal Penyeberangan Ditambah

GRESIK - Puluhan santri dan warga Pulau Bawean ramai-ramai pulang kampung. Mereka nampak memadari Pelabuhan Gresik.

Saking banyaknya, disediakan dua kapal penumpang Express Bahari. Satu kapal stand hy di Pelabuhan Gresik, yang satu di Pelabuhan Bawean. Keduanya beroperasi setiap hari.

Total ada 321 penumpang yang berlayar ke Pulau Putri hari ini. Lonjakan ini terjadi selama sepekan terakhir. Terutama menjelang larangan mudik lebaran.

Para santri pulang ke kampung halaman karena sudah tidak ada aktifitas di Pondok Pesantren. "Di pondok sudah libur mulai Senin kemarin, jadi pulang," kata Asroh, santri Ponpes Mambaus Sholihin, Selasa (4/5/2021).

Arus mudik ke Bawean sebetulnya sudah berlangsung sebelum Ramadan lalu. Puluhan santri dari berbagai Ponpes pulang ke Bawean. Juga, warga dari dua Kecamatan Sangkapura dan Tambak.

Sementara, agen Tiket kapal Express Bahari H. Subki mengaku senang. Pendapatannya meningkat mengingat banyaknya warga Bawean yang pulang.

Mengingat terdapat tambahan satu unit kapal Express Bahari 6F. Sehingga, kuota tiket semakin bertambah. 

"Kini ada dua kapal cepat Express Bahari 6F dan 8E. Nanti gantian masing-masing kapal ini dari arah Bawean dan Gresik," imbuhnya.

Subki juga terima kasih kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Dengan cepat dan tegas untuk permudah penyeberangan Bawean dan Gresik. Begitu sebaliknya.

“Insyallah akan langsung dillunching oleh bupati tanggal 7 besok, sekaligus pelayaran perdana,” jelas Subki. 

Adapun kapasitas kapal untuk yang terbaru jenis 6F berkapasitas 275 penumpang, sedangkan 8E 395 penumpang dengan harga yang sama.

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya