SUARA INDONESIA

Pemkab Sampang Kembali Raih WTP dari BPK RI untuk Ketiga Kalinya

Magang - 01 June 2021 | 14:06 - Dibaca 823 kali
Peristiwa Daerah Pemkab Sampang Kembali Raih WTP dari BPK RI untuk Ketiga Kalinya
Bupati Sampang Slamet Junaidi bersama Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono.

SIDOARJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 untuk ke tiga kalinya secara berturut-turut.

Secara seremonial pemberian WTP kepada Pemkab Sampang disampaikan langsung Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono kepada Bupati H Slamet Junaidi di Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur Sidoarjo 

Penyeraha turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sampang Fadol, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan, Inspektur Daerah dan Kepala BPPKAD Sampang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan bahwa opini WTP atas LHP BPK merupakan suatu hal yang patut disyukuri atas kerja keras semua pihak, yang merupakan sebuah prestasi luar biasa dan akan menjadi evaluasi atas kinerja agar dipertahankan dari tahun ke tahun.

“Alhamdulillah, Opini WTP dari BPK juga akan berdampak pada dana insentif daerah, juga sebagai bukti bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Sampang sudah baik,” ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada BPK Perwakilan Jawa Timur telah merampungkan proses audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang merupakan komitmen bersama terhadap pertanggungjawaban selama Tahun Anggaran 2020.

“Beberapa rekomendasi yang dikeluarkan oleh BPK akan kita penuhi, hal ini akan kami perkuat juga sistem akuntabilitas untuk pertanggungjawaban penggunaan anggaran,” ujarnya.

Di raihnya WTP untuk yang ketiga kalinya ini Bupati Sampang meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak berpuas diri dan diharapkan dapat terus meningkatkan kinerja dan laporan keuangan dengan baik sehingga setiap tahun opini WTP terus bisa dipertahankan.

“Semua OPD kita harapkan lebih semangat dan terus tertib administrasi dalam menjalankan tugas dalam laporan keuangan dan pertanggungjawabannya, sinergitas antar OPD juga harus terus ditingkatkan sehingga program yang direalisasikan akan bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Sampang Fadol mengapresiasi raihan opini WTP dari BPK RI kepada Pemerintah Kabupaten Sampang.

“Jika diskoring, Kabupaten Sampang tadi tertinggi dari tiga Kabupaten lainnya, opini WTP juga harus diiringi dengan program yang bermanfaat untuk masyarakat, dan seluruh rekomendasi dari BPK RI agar juga dipenuhi.” ungkapnya.

Perlu diketahui, penyerahan opini atas Laporan Hasil Pemeriksaan yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga dilakukan bersamaan dengan, kota Malang, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang, yang juga mendapatkan opini WTP atas LKPD 2020. (SIS/Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV