SUARA INDONESIA

Rektor UIN Malang dan Wakpolda Jatim Bincang Santai Bahas Nasionalisme

Satria Galih Saputra - 05 May 2021 | 18:05 - Dibaca 743 kali
Peristiwa Daerah Rektor UIN Malang dan Wakpolda Jatim Bincang Santai Bahas Nasionalisme
Rektor UIN Malang Prof Haris (kanan) bersama Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo.

MALANG - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang) menggelar bincang santai dengan Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo.

Bincang santai tersebut dilakukan dengan live streaming melalui YouTube dengan tema Upaya Meningkatkan Nasionalisme Pemuda.

Rektor UIN Malang Prof Haris mengatakan, bincang santai pihaknya dengan pejabat kepolisian bertujuan agar generasi muda khususnya mahasiswa, lebih meningkatkan nasionalisme kepada negara Indonesia.

"Kami dari kampus ingin membahas terkait dengan nasionalisme untuk para pemuda, sehingga memiliki nasionalisme yang kuat selain mereka meniti karir dalam bidang keilmuan juga kuat nasionalismenya karena merekalah yang akan melanjutkan cita cita bangsa ini," terangnya.

Sementara itu, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan nasionalisme merupakan sebuah paham yang harus ditanamkan kepada kita semua bangsa agar bisa bangga dan mencintai negara.

"Atau mungkin bisa dibilang cinta terhadap tanah air Indonesia dan cinta kepada negara Indonesia ini harus dipelihara terus,"terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, peran pendidikan tentunta dalam mengembangkan nasionalisme, pendidikan sangatlah berpengaruh terhadap nasionalisme di Indonesia. Pendidikan merupakan fondasi bagi para pemuda memahami nilai-nilai Pancasila yang kemudian bisa mereka terapkan di masyarakat dengan baik.

"Sejarah bangsa dalam konteks pendidikan tentunya juga harus dipahami oleh para anak didik. Di situ akan diketahui bagaimana perjuangan bangsa menjadi negara yang berdaulat. Jika pendidikan sejarah itu tidak ada, maka para penerus tentunya tidak akan mengetahui perjuangan dan betapa beratnya para pendahulu dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Dan ini harus ditanamkan sejak dini," ungkapnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV