SUARA INDONESIA

Bangkit Saat Pandemi, Pemkab Jember Upayakan Pelaku UMKM Melek Digital

Wildan Mukhlishah Sy - 29 July 2021 | 19:07 - Dibaca 26.71k kali
Peristiwa Daerah Bangkit Saat Pandemi, Pemkab Jember Upayakan Pelaku UMKM Melek Digital
Bupati Jember Hendy Siswanto, saat acara penyerahan penghargaan KLA, Kamis (29/7/2021). (Foto: Wildan suaraindonesia.co.id)

JEMBER- Pemerintah Kabupaten Jember, mengupayakan setiap penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat memahami pemasaran secara digital.

Hal tersebut bertujuan untuk mendukung para pelaku UMKM, agar mampu menjangkau pasar digital. Terlebih di saat pandemi Covid-19, hampir seluruh kegiatan dilakukan dari rumah dan secara virtual.

Bupati Jember Hendy Siswanto menjelaskan, pemerintah telah melaksanakan literasi digital bagi para pemilik UMKM di setiap desa, serta menganjurkan agar mereka memiliki perangkat komputer yang lengkap.

“Kita sudah lakukan literasi digital ke desa-desa, kita minta mereka punya perangkat komputer yang lengkap. Nanti ini juga akan mempermudah pemasaran mereka,” jelasnya, setelah mengikuti acara penyerahan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) di Pendopo Wahyawibawagraha, Kamis (29/7/2021).

Tak sampai disitu saja, pihaknya telah menyediakan fasilitas bagi UMKM yang ada di wilayah Jember, untuk mempromosikan produk berupa barang atau jasa  melalui katalog dan website yang dimiliki oleh pemerintah.

“Kita fasilitasi UMKM daerah dengan mempromosikan lewat website dan katalog kita,” lanjutnya.

Untuk membantu membangkitkan UMKM daerah di tengah pandemi Covid-19, dirinya mengajak masyarakat, agar mulai mencintai dan membeli produk lokal.

“Memang ini kondisinya tidak sederhana, karena pandemi. Kabupaten yang lain juga mempertahankan untuk saling membeli di daerah sendiri,” ungkapnya.

Sekedar informasi, Kabupaten Jember juga akan menerapkan sistem peradilan dari kejaksaan berbasis online.

Sehingga masyarakat bisa melaksanakan sidang langsung di desa masing-masing.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV