SUARA INDONESIA

Ingin Bangkit dari Pandemi, Pelaku SWK se-Surabaya Adakan Forum Diskusi

Lukman Hadi - 01 September 2021 | 17:09
Peristiwa Daerah Ingin Bangkit dari Pandemi, Pelaku SWK se-Surabaya Adakan Forum Diskusi

SURABAYA - Demi membangkitkan perekonomian di tengah pandemi, para pelaku sentra wisata kuliner (SWK) menggelar deklarasi Forum Kerukunan Sentra Wisata Kuliner Surabaya (FOKUSWKS), Rabu (1/9/2021).

Pada forum tersebut, para pelaku SWK yang tergabung dalam FOKUSWKS mengundang Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Anas Karno.

Forum yang diikuti para pelaku sentra wisata kuliner se-Surabaya ini membahas seputar nasib dan bagaimana mengembangkan usaha mereka di massa pandemi.

Salah satu Ketua SWK Wonorejo, Poniman menyatakan, kebanyakan pelaku usaha SWK maupun UMKM selama pandemi mengalami mati suri, terutama saat PPKM level 4 lalu.

"Kita semua di sini untuk berupaya mengembalikan perekonomian UMKM dan SWK Surabaya yang selama ini mati suri, mengingat Surabaya sudah menginjak PPKM Level 3, juga menyampaikan keluhan dan harapan kami kepada DPRD selaku wakil rakyat," ujarnya pada saat forum.

Ia menganggap, kebangkitan pelaku usaha SWK bisa mewujudkan program Pemkot Surabaya yang berkeinginan menjadikan SWK sebagai salah satu icon Surabaya dan kebangkitan ekonomi selama pandemi.

"Kami juga berharap adanya pendampingan yang lebih optimal dari Pemerintah Kota Surabaya terkait pemasaran, penjualan dan lain-lain," tuturnya.

Masih di forum yang sama, Anas Karno merespon positif atas inisiatif yang dibuat pelaku usaha SWK dengan membentuk forum diskusi tersebut.

Anas berharap, terbentuknya forum ini bisa menjadi wadah yang menampung dan menunjang perekonomian khususnya bagi pelaku SWK di Surabaya.

"Saya sangat apresiasi perkumpulan ini, saya akan menyampaikan keluhan para pelaku SWK dan UMKM kepada pihak terkait untuk bersama-sama memajukan perekonomian Surabaya," terang Anas.

Dengan begini, ia menginginkan pemkot lebih memberdayakan pelaku SWK dan UMK dengan membeli produk-produk asli buatan mereka.

"Saya juga meminta ke tingkat kelurahan sampai ke pemerintah kota untuk membeli produk SWK dan UMKM untuk hidangan dalam semua agenda, karena dari situ kita membangkitkan ekonomi Surabaya," pungkasnya.

KLIKJATIM.Com | Surabaya - Pelaku Sentra Wisata Kuliner (SWK) Surabaya menggelar deklarasi Forum Kerukunan Sentra Wisata Kuliner Surabaya (FOKUSWKS), hal itu dilakukan dalam upaya bersatu mengembalikan ekonomi pelaku SWK maupun UMKM di Surabaya.

Ketua SWK Wonorejo, Poniman mengatakan, pelaku SWK berkumpul disini untuk bersama sama berupaya mengembalikan ekonomi SWK dan UMKM, yang mana selama pandemi ini mengalami mati suri dan mengalami kerugian sekitar 80%, dan juga bisa ikut memajukan perekonomian Surabaya.

"Kita semua disini untuk berupaya mengembalikan perekonomian UMKM dan SWK Surabaya yang selama ini mati suri, mengingat Surabaya sudah menginjak PPKM Level 3, juga menyampaikan keluhan dan harapan kami kepada DPRD selaku wakil rakyat," kata Poniman, Rabu (1/9/2021).

Poniman juga mengatakan, adanya FOKUSWKS juga untuk membantu program pemerintah menjadikan SWK sebagai salah satu icon Surabaya dan mewujudkan perekonomkan SWK. Ia juga berharap adanya pendampingan dari Pemerintah Kota Surabaya lebih proaktif.

"Motto kami adalah bersama untuk maju, memajukan perekonomian SWK. Kami juga berharap adanya pendampingan yang lebih optimal dari Pemerintah Kota Surabaya terkait pemasaran, penjualan dan lain lain," terangnya.

Dalam deklarasi tersebut, pelaku SWK Surabaya juga mengundang Anas Karno, Wakil Ketua Komis B DPRD Surabaya yang membidangi perekonomian Surabaya.

Anas mengaku senag dengan adanya perkumpulan tersebut,  SWK dan Dinas Koperasi adalah mitra dari komisi B, ini adalah ide yang bagus sekali ada wadah yang menunjang perekonomian UMKM.

"Saya sangat apresiasi perkumpulan ini, saya akan menyampaikan keluhan para pelaku SWK dan UMKM kepada pihak terkait untuk bersama-sama memajukan perekonomian Surabaya," kata Anas.

Anas juga meminta mulai dari pemerintahan tingkat kelurahan sampai tingkat Pemerintah Kota untuk membeli produk SWK dan UMKM, supaya membantu meningkatkan perekonomian pelaku SWK dan UMKM.

"Saya juga meminta ke tingkat kelurahan sampai ke Pemerintah Kota untuk membeli produk SWK dan UMKM untuk hidangan dalam semua agenda, karena dari situ kita membangkitkan ekonomi Surabaya," pungkasnya.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV