SUARA INDONESIA

Bupati Blitar Terima Bantuan 300 Paket Sembako dari PT Astra

Ari - 02 September 2021 | 19:09
Peristiwa Daerah Bupati Blitar Terima Bantuan 300 Paket Sembako dari PT Astra

Blitar - PT. Astra International Tbk mengadakan acara penyerahan bantuan berupa 300 paket sembako melalui program Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA) di kawasan perdesaan Agromina Wisata Kecamatan Nglegok. 

Secara simbolis 300 paket sembako tersebut diserahkan kepada Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah. Seremoni penyerahan paket sambako tersebut juga diadakan secara virtual dan turut dihadiri Drs. Syahrul, M.Si selaku Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ditjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementrian Desa PDTT dan Bondan Susilo selaku Head of CSR PT Astra International Tbk beserta timnya. 

Menanggapi hal ini, Bupati Blitar Rini Syarifah turut mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan PT. Astra International Tbk yang telah menginisiasi kegiatan ini. Ia berharap bantuan ini bisa mengurangi beban masyarakat yang terdampak Covid 19, sekaligus menjadi spirit bagi Pemkab Blitar untuk membangun Desa Mandiri. 

"Kami atas nama Pemkab Blitar mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi kepada Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta PT. Astra Internasional Tbk yang telah menginisiasi kegiatan ini. Kami berharap bantuan ini bisa mengurangi beban masyarakat yang terdampak Covid 19," kata Rini Syarifah dalam sambutannya, Kamis (02/09/2021). 

Mak Rini sapaan akrabnya menyampaikan, untuk pengembangan kawasan perdesaan, Pemerintah Kabupaten Blitar selalu berkomitmen diantaranya melalui kegiatan pendampingan, pelatihan dan kajian-kajian. Juga mendukung seluruh program dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 

Dimana saat ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi berkerjasama dengan PT. Astra International Tbk untuk membangun ekonomi dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sejumlah desa se-nasional termasuk beberapa desa yang ada di Kabupaten Blitar.

Kerjasama tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Bersama antara Kementerian Desa , Pemkab Blitar dan PT. Astra Internasional Tbk dengan Program Desa Sejahtera Astra (DSA).

"Untuk pengembangan kawasan perdesaan kami selalu berkomitmen, salah satunya kerja sama antara Kementrian Desa, PDT, dan Transmigrasi, dengan PT. Astra International Tbk untuk membangun ekonomi dan mengembangkan SDM di sejumlah Desa yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Bersama melalui Program Desa Sejahtera Astra (DSA), kami berharap besar kedepannya program ini secara konsisten dan berkelanjutan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi dan pengembangan SDM desa, khususnya di Kabupaten Blitar," terangnya. 

Sementara itu Fasilitator Kawasan Perdesaan yang juga mendampingi Program Desa Sejahtera Astra dari PT. Astra Internasional Tbk Dwi Pujiasih menjelaskan secara keseluruhan jumlah paket sembako yang diberikan ada 300 paket sembako premium dengan nominal Rp 300 ribu per paket. Paket sembako tersebut berisi beras premium, minyak goreng, gula pasir, vitamin dan lain-lain. 

"Jumlah paket sembako premium yang Astra Internasional salurkan adalah 300 paket, dengan nominal per sembako senilai Rp 300 ribu, dimana paket sembako berisi beras premium, minyak goreng, vitamin dan lain-lain," jelasnya. 

Kata Dwi Pujiasih, bantuan paket sembako tersebut diberikan pada masyarakat di Kawasan Perdesaan Kecamatan Nglegok yang tersebar di 7 Desa diantaranya Desa Krenceng, Kemloko, Ngoran, Kedawung, Modangan, Penataran dan Sumberasri, dimana masing masing Desa ada 42-43 penerima. Sedangkan sasaran penerima bantuan ini terdiri 3 kriteria meliputi masyarakat yang menjalani isoman, warga kurang mampu, dan warga yang termasuk penggerak Desa Kesejahteraan Astra (DSA). 

"Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang tersebar di 7 Desa yang ada di Kawasan Perdesaan Kecamatan Nglegok, selain itu juga ada tiga kriteria penerima bantuan ini meliputi warga yang isoman yang akan kami salurkan langsung ke rumah rumah, warga kurang mampu, dan warga yang termasuk dalam penggerak program DSA," ungkapnya. 

Ia juga menambahkan, selain bantuan paket sembako, PT. Astra Internasional Tbk juga memberikan bantuan Dana penyelenggaraan Program DSA sebesar Rp. 400 juta yang akan digunakan untuk mengoptimalkan pengembangan dan pemasaran potensi ikan koi yang merupakan potensi unggulan di kawasan perdesaan Agromina Wisata Kecamatan Nglegok. 

"Selain itu PT. Astra Internasional Tbk juga memberikan bantuan Dana Penyelenggaraan program DSA sebesar Rp. 400 juta yang akan digunakan untuk mengoptimalkan pengembangan dan pemasaran potensi ikan koi yang merupakan potensi unggulan kawasan perdesaan AgroMinaWisata yang ada di Kecamatan Nglegok," imbuhnya.

Pewarta : Ari
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV