SUARA INDONESIA

Dukung Percepatan Program Vaksinasi, BINDA Jateng Gelar Vaksinasi di Purworejo Secara Door To Door

Widiarto - 28 October 2021 | 16:10 - Dibaca 1.31k kali
Peristiwa Daerah Dukung Percepatan Program Vaksinasi, BINDA Jateng Gelar Vaksinasi di Purworejo Secara Door To Door
Kepala BINDA Jateng, bersama Kepala Dinas Kesehatan Purworejo dan sejumlah pejabat terkait saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar dan santri di MTs N 1 Purworejo, pada Kamis (28/10/2021)

PURWOREJO - Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Jawa Tengah, menyelenggarakan vaksinasi massal bagi pelajar / santri dan masyarakat secara door to door di Kabupaten Purworejo, pada Kamis (28/10/2021). Vaksinasi itu digelar sebagai bentuk komitmen BIN dalam mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan program vaksinasi Covid-19. 

Sebanyak 5.500 dosis vaksin jenis Sinovac telah disiapkan oleh Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Jateng dalam vaksinasi massal itu. Vaksinasi itu dilaksanakan di 6 lokasi di wilayah Kabupaten Purworejo yaitu di Ponpes Nuril Anwar, Desa Maron Kecamatan Loano dan MTs N 1 Purworejo dengan menyasar para santri dan pelajar.

Sementara untuk vaksinasi secara Door to Door, dengan menyasar daerah yang cukup sulit dijangkau yaitu di wilayah Kecamatan Kaligesing dengan menyasar warga yang tinggal di Desa Somongari, Desa Ngadirejo, Desa Ngaran dan Desa Kaligono.  

"Vaksinasi Covid-19 ini merupakan akselerasi dari BIN mendukung program pemerintah untuk tercapainya target Herd Immunity atau kekebalan kelompok pada akhir 2021. Adapun program vaksinasi door to door ini merupakan terobosan dalam upaya memudahkan masyarakat mengakses vaksin terutama daerah yang sulit dijangkau," kata Kepala BINDA Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto, saat ditemui disela kunjunganya dalam kegiatan vaksinasi massal di MTs N 1 Purworejo, pada Kamis (28/10/2021).

Dikatakan, Kecamatan Kaligesing merupakan salah satu wilayah di Purworejo dengan kontur pegunungan dan jalan yang sulit dan cukup menantang, hingga menjadikan pertimbangan bagi BINDA Jateng memilih wilayah Kaligesing sebagai sasaran vaksinasi door to door.

"Dengan vaksinasi door to door, maka potensi kerumunan di pusat-pusat vaksinasi dapat diminimalisir sehingga lebih aman dari kerumunan, disamping sistem door to door  juga terbukti mampu meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi," ujarnya.

Meskipun pelajar, santri dan masyarakat telah melaksanakan vaksinasi, Badan Intelijen Daerah (BINDA) Jateng tetap berharap kepada pelajar, santri dan masyarakat, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, utamanya memakai masker dan rajin mencuci tangan ketika beraktivitas.

"Adanya program vaksinasi ini, memberikan harapan besar kepada pelajar/santri untuk terlaksananya pembelajaran tatap muka (PTM) yang selama ini terkendala karena kebijakan PPKM. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) juga diperlukan manajemen pengawasan yang ketat sehingga tidak menjadi cluster penyebaran baru," ujarnya.

Disampaikan, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam rapat terbatas bersama kepala daerah pada tanggal 25 Oktober 2021 lalu, menyampaikan bahwa kondisi penanganan Covid-19 di Indonesia pada kondisi yang baik. 

"Kendati demikian, seluruh pihak diminta untuk tidak lengah dengan kondisi ini, dan tetap meningkatkan protokol kesehatan," pesanya.

Kepala Desa Ngadirejo, Agus Muzamil, menyampaikan terima kasih kepada BINDA Jateng yang telah bersinergi memberikan vaksin kepada warga Desa Ngadirejo Kecamatan Kaligesing. 

Tak hanya warga Desa Ngadirejo, sejumlah warga Desa sekitar juga turut mengikuti vaksinasi massal yang dilakasanakan di Desa Ngadirejo itu.

"Alhamdulillah hari ini telah berhasil dilaksanakan vaksinasi massal bagi warga Desa Ngadirejo, Desa Pucungroto, Desa Tlogobulu dan Desa Sumowono yang dipusatkan di Desa Ngadirejo ini. Ada sekitar 413 warga yang telah berhasil divaksin hari ini," kata Agus.

Dikatakan, antusias warga sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi, namun karena terkendala jarak yang jauh dari Puskemas dan Kecamatan, maka Desa Ngadirejo berinisiatif  mengajukan vaksinasi massal secara mandiri di Desa Ngadorejo.

Guna mensukseskan vaksinasi, pihaknya telah melakukan upaya dengan melakukan sosialisasi secara door to door kepada masyarakat baik dalam kegiatan pengajian maupun di dalam acara-acara kemasyarakatan lainya.

"Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi masyarakat untuk semangat dan sadar dalam mengikuti vaksinasi sehingga menjadikan masyarakat yang sehat dan Indonesia bisa segera terbebas dari covid-19," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV