SUARA INDONESIA

Lokomotif Kereta Api Tujuan Baturaja Mengeluarkan Api dan Asap Hitam Pekat

Ambang Hari - 05 November 2021 | 12:11
Peristiwa Daerah Lokomotif Kereta Api Tujuan Baturaja Mengeluarkan Api dan Asap Hitam Pekat

SUARA INDONESIA — Kereta Api penumpang yang mengangkut rombongan TNI jurusan Tanjungkarang - Baturaja mengeluarkan api di bagian cerobong lokomotif. Kejadian tersebut terekam dalam sebuah rekaman video yang diambil oleh salah seorang warga sekitar di daerah Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Kamis (4/11/2021). 

Video yang beredar luas di media sosial, terlihat api yang berkobar di cerobong (knalpot) lokomotif, tidak hanya itu, menurut beberapa saksi mata di sekitar lokasi kejadian, asap hitam tebal juga terlihat membumbung dari bagian lokomotif kereta. 

Dalam insiden tersebut, warga yang berada di sekitar rel panik dan berhamburan menyelamatkan diri karena mengira kereta api akan meledak.

Asrun (25) yang merupakan warga sekitar, mengatakan bahwa asap mengepul sudah terlihat dari arah Way Halim menuju stasiun Labuhanratu, Bandar Lampung. Saat kereta api tiba di dekat lokasi tempat dirinya berada tiba-tiba mengeluarkan api dari cerobong lokomotif nya.

“Tadi saya lihat lokomotif mulai dari daerah Way Halim sudah mengeluarkan kepulan asap hitam. Sampai di sini tiba-tiba keluar apinya. Saya memang mau nunggu kereta penumpang dan mengajak anak saya untuk lihat kereta." ujarnya.

Menurut Manager Humas PT. KAI Divre 4 Tanjungkarang, Jaka Jarkasih, menyampaikan bahwa penyebab lokomotif tersebut mengeluarkan api adalah karena gangguan yang terjadi pada sistem motor diesel.

“Lokomotif mengalami gangguan motor diesel, sehingga terjadi asap dan api yang keluar dari cerobong lokomotif akibat sisa bahan bakar, sifatnya hanya sebentar atau sesaat, kemudian petugas mengganti nya dengan lokomotif baru dan Kereta Api dapat melanjutkan perjalanan menuju Baturaja,” cuitnya dikutip dari akun twitter OPKA Sumsel.

Dirinya menambahkan “Kondisi semua penumpang aman, kru kereta api juga aman, tidak ada korban terluka atau yang dilarikan ke rumah sakit, kereta dapat melanjutkan perjalanan sampai Stasiun Way Pisang (Baturaja),” pungkasnya. 


 

Pewarta : Ambang Hari
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV