SUARA INDONESIA

Surabaya Siap Bersaing dengan NTT dalam Destinasi Taman Komodo

Lukman Hadi - 05 April 2022 | 14:04 - Dibaca 1.84k kali
Peristiwa Daerah Surabaya Siap Bersaing dengan NTT dalam Destinasi Taman Komodo
Ilustrasi Komodo. (Foto: Pixabay/free)

SURABAYA - Luar biasa, digadang-gadang Surabaya akan memiliki destinasi wisata Taman Komodo mirip di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penggarapan ini tentu masih dalam rencana. Ada beberapa aspek persiapan yang perlu dilakukan oleh pihak Kebun Binatang Surabaya (KBS) selaku inisiator.

"Rencana destinasi wisata Taman Komodo ini inisiatif manajemen KBS untuk sedikit berkompetisi dengan Pulau Komodo yang ada di NTT," kata Direktur KBS, Khoirul Anwar, Senin (4/4/2022).

Ia mengatakan, rencana pembangunan destinasi wisata Taman Komodo merupakan rencana jangka panjang. Saat ini, pihaknya masih memantapkan master plan.

"Di sana (NTT) sifatnya destinasi mahal, eksklusif, hanya orang menengah ke atas yang bisa. Sedangkan yang kita rencanakan ini, destinasi wisata yang lebih terjangkau, tidak jauh berbeda dengan tiket masuk di KBS," ungkapnya.

Sementara untuk lokasi, ada 2 tempat yang diusulkan. Di kawasan Banyuurip atau di kawasan Mangrove Wonorejo. Namun kedua tempat itu, kata Khoirul, akan dianalisa lebih dulu oleh ahli dan akademisi.

"Nah nantinya apakah sesuai dengan habitat komodo. Baru setelah itu akan kita ambil kesimpulan. Jadi nanti, masyarakat yang ingin melihat komodo itu tak perlu jauh-jauh ke NTT, cukup datang ke Surabaya," jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Surabaya Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am mendukung rencana destinasi Taman Komodo.

Tentu ada beberapa catatan yang patut dipikirkan KBS secara matang. Terkait pemilihan lokasi dan jenis komodo yang berbeda dengan di NTT.

"KBS saat ini sedang melakukan kajian terhadap kawasan hutan Mangrove yang akan dijadikan sebagai habitat komodo. Tentang cocok atau tidaknya, kita dorong ini dipertimbangkan dengan matang," terang Ghoni.

"Namun pada dasarnya, kita mendukung rencana destinasi wisata Taman Komodo itu," imbuhnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV