SUARA INDONESIA

Partai Demokrat Dukung Perkembangan UMKM Capai Persaingan Global

Gono Dwi Santoso - 09 April 2022 | 20:04
Peristiwa Daerah Partai Demokrat Dukung Perkembangan UMKM Capai Persaingan Global
JOMBANG - Komisi C DPRD Jatim dari Partai Demokrat mengadakan kegiatan  Wawasan Kebangsaan Bertempat di Omah Sambong di Omah Sambong Jombang,  bertema "UMKM Naik Kelas Menuju Persaingan Global", Sabtu (9/4/2022). 

Acara tersebut telah secara rutin diadakan  setiap bulan oleh Dr H Kuswanto di dua kabupaten yakni, Jombang dan Mojokerto.

Dalam acara ini di hadiri oleh ketua DPC Partai Demokrat Jombang dan jajaran pengurus DPC, PAC, Sayap dan aktivis Partai Demokrat yang ada di kabupaten Jombang. 

Kuswanto mengatakan, sejak terpilih menjadi Dewan, selama pandemi Covid-19 hampir dua tahun lebih aktivitasnya bersama struktur Partai Demokrat sangat terbatas. 

"Sehingga dalam acara wawasan kebangsaan ini adalah kegiatan pelatihan dan perkuatan dari DPRD provinsi Jawa timur mempersiapkan dukungan kepada UMKM untuk naik kelas, menuju persaingan global," katanya. 

Pihaknya juga mengundang narasumber yang bergerak di bidang design dan pakaging, serta pakar UMKM 

"Iya, gimana caranya kita berikan solusi kepada para pelaku UKM di Jombang agar bisa naik kelas," tambahnya. 

Dirinya menargetkan, kader Demokrat mampu menjadi penggerak motivasi dan solusi untuk UMKM di Jombang. 

"UMKM mungkin kita belum tau secara khusus UMKM ini penompang perekonomian Indonesia dan Jawa Timur. Serta UMKM menyumbang 90 persen penyerapan tenaga kerja di Jawa Timur,"  terangnya. 

UMKM merupakan salah satu sektor yang terdampak secara langsung selama pandemi Covid-19, karena kebijakan pemerintah untuk memberlakukan lockdown. 

"Pabrik tidak bisa produksi karena tidak ada pembeli  pasarnya mandek yang bangkit adalah UMKM modalnya kecil,dan lebih cepat bangkit kembali," urainya. 

Dirinya mengajak semua pengurus Partai Demokrat menelaah lebih jauh apa itu UMKM, agar bisa belajar dalam wawasan kebangsaan, karena UMKM adalah penyokong  kekuatan perekomian. 

Sekedar diinformasikan, acara ini di hadiri 125 peserta, dengan mendatangkan narasumber Hendrik Bayu selaku Bisnis Jornuey dan Kuswana Mandiri Septian selaku pakar Bisnis online yang mengupas bagaimana mengelola bisnis UMKM bisa naik kelas ke pasar modern mulai kemasan produk, pangsa pasar serta penjualan. 

"Semua itu dikupas sampai tuntas dalam pemaparan pemateri kali ini," tandasnya. (Gono/Will)

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya