SUARA INDONESIA

Banyuwangi Kawal Mudik Lebaran 2022

Muhammad Nurul Yaqin - 22 April 2022 | 18:04
Peristiwa Daerah Banyuwangi Kawal Mudik Lebaran 2022

BANYUWANGI- Lewat apel gelar pasukan operasi ketupat semeru yang digelar di halaman ASDP Ketapang, Jumat (22/4/2022), menandakan Banyuwangi telah siap menyambut dan mengawal mudik Lebaran 2022. 

Ada sekitar 920 personel yang dilibatkan dalam apel pasukan tersebut. Terdiri dari 440 personel Polri, 90 personel TNI dan selebihnya dari stakeholder tetkait.

Puncak mudik di Banyuwangi diprediksi terjadi pada 28-29 April mendatang, segala keperluan seperti pos pengamanan telah didirikan di berbagai titik. Salah satunya di Pelabuhan Ketapang.

"Posko sebanyak 19, dimana ada Posyan (pos pelayanan), Pospam (pos pengamanan) dan Pos Terpadu. Pos terpadu ada satu titik di Pelabuhan Ketapang ini," kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu usai apel.

Khusus Pos Terpadu di ASDP Ketapang, kini telah dijalankan untuk mengantisipasi lonjakan mudik lebaran dari Bali-Banyuwangi maupun sebaliknya. Pihaknya juga menyiapkan gerai vaksinasi di kawasan Pelabuhan Ketapang. 

Nasrun menyebut, mudik lebaran tahun ini kembali normal. Dalam artian tidak diberlakukan penyekatan bagi pemudik. Untuk itu pihaknya meminta agar masyarakat sudah bisa melakukan mudik sebelum mendekati lebaran.

"Diharapkan masyarakat agar lebih awal mendahului mudiknya dari sekarang, sebelum waktu pelaksanaan libur panjang untuk lebaran," jelas Nasrun.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, pemerintah daerah juga ikut membantu dalam pengamanan dan pelayanan selama mudik berlangsung.

"Kami saat ini sedang mempersiapkan kehadiran saudara kita yang akan mudik. Maka seluruh tempat destinasi wisata, hotel restoran saya minta untuk berbenah, untuk CHSE nya dan Peduli Lindungi tetap dijalankan," kata Ipuk.

Ipuk menyebut, mudik lebaran tahun ini juga sebagai momentum pemulihan ekonomi di Kabupaten Banyuwangi. Sebab, seluruh sektor pariwisata turut dibuka.

"Sudah ada anjuran pemerintah untuk terbuka semuanya, tidak ada pengetatan. Tapi protokol kesehatan dan vaksinasi terus berjalan," tutup Ipuk. (*)

Sebagai informasi, apel gelar pasukan operasi ketupat semeru 2022 dipimpin Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadan dan turut dihadiri Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya